Tips Menjaga Traksi Roda Sepeda Motor Saat Berkendara

Jum'at, 17 September 2021 - 19:16 WIB
loading...
Tips Menjaga Traksi Roda Sepeda Motor Saat Berkendara
Pengendara harus mengetahui cara berkendara yang baik dalam menjaga traksi roda ke permukaan jalan. Foto/dok
JAKARTA - Sepeda motor memang telah menjadi salah satu alat transportasi favorit dalam menunjang mobilitas harian masyarakat. Selain praktis dan efisien, motor dinilai mampu menjadi solusi dalam membelah kemacetan lalu lintas perkotaan.

Namun dalam menaiki sepeda motor, pengendara juga harus memperhatikan beberapa hal yang menyangkut aspek keselamatan. Salah satunya, mengenai cara berkendara yang baik dalam menjaga traksi roda ke permukaan jalan agar tidak berkurang ataupun hilang.

Hal ini sangat penting mengingat bila roda kehilangan traksi, ban motor bisa selip sehingga sulit untuk dikendalikan. Akibatnya, kecelakaan pun kemungkinan besar terjadi.

BACA: Cara Deteksi problem Sepeda Motor Lewat Kedipan MIL



“Jika dilihat dari penyebabnya, ada beberapa faktor yang bisa membuat ban kehilangan traksi. Mulai dari faktor kondisi motor, lingkungan, sampai dengan gaya berkendara,” jelas Antonius Widiantoro, Managaer Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangannya, Jumat (17/9/2021).

Agar para Bikers bisa meminimalisir risiko kecelakaan yang disebabkan ban kehilangan traksi, Yamaha membagikan tips terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga traksi roda sepeda motor tetap optimal selama berkendara.

1. Cek Kondisi Fisik & Tekanan Angin Ban

Kondisi ban yang jelek kerap menjadi sumber penyebab ban kehilangan traksi. Karena ketika karet ban sudah aus, maka daya cengkramnya ke aspal juga akan berkurang.

Ban yang sudah tidak layak pakai sehingga harus diganti biasanya memiliki ciri alur kembang yang menipis, tapak ban sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI) dan tidak nyaman saat dikendarai.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE