Mesin Mobil Bergetar Ketika AC Dinyalakan, Ternyata Ini Penyebabnya

Minggu, 19 September 2021 - 17:05 WIB
loading...
Mesin Mobil Bergetar Ketika AC Dinyalakan, Ternyata Ini Penyebabnya
Ternyata banyak sekali penyebab mesin bergetar ketika AC mobil menyala. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pada beberapa kendaraan, terkadang ada suatu kondisi mesin mobil bergetar ketika AC dinyalakan. Tentu hal ini tak boleh di diamkan dan harus segera ditangani.

Tetapi mungkin tak banyak yang mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab mesin mobil bergetar ketika AC dinyalakan, dilansir dari laman Auto2000, Minggu (19/9):



1. Masalah Sistem Idle Up

Gejala mesin mobil yang tiba-tiba bergetar ketika AC hidup menjadi pertanda bahwa ada faktor penyebab kerusakan dalam sistem idle up. Hal ini terjadi biasanya saat RPM terlalu rendah. Namun saat AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar. Tentu saja masalah ini harus segera diatasi.

Perihal masalah sistem idle up AC, mesin mobil yang bergetar saat AC dinyalakan ternyata tidak membuat kabin mobil menjadi dingin. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat kinerjanya menjadi bertambah berat.

Akhirnya inilah yang membuat kerja kompresor AC juga kurang maksimal. Selain itu, hal ini bisa saja menyebabkan kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

Masalah sistem idle up sebenarnya bisa diatasi dengan cepat dengan mematikan AC mobil. Namun kabin mobil sudah pasti menjadi panas. Untuk itu, segera cek sistem sensor dan aktuator. Kalau memang kinerja sudah buruk, sebaiknya segera ganti. Sudah pasti hasilnya mesin mobil tidak akan bergetar lagi saat AC dinyalakan.

2. Bearing AC Mobil Rusak

Kemudian ada masalah bearing AC mobil yang mengalami kerusakan. Bearing atau pulley yang rusak membuat putaran kompresor AC menjadi tersendat. Saat ada proses tersendat inilah yang membuat muncul gejala getaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)