Jangan Anggap Enteng, Yuk Cermati Serba-serbi Kampas Rem

Kamis, 23 September 2021 - 06:00 WIB
loading...
Jangan Anggap Enteng, Yuk Cermati Serba-serbi Kampas Rem
Kampas rem memiliki posisi yang tersembunyi sehingga kerap diremehkan penggunannya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kampas rem atau brake pad cenderung diremehkan pemilik mobil karena posisinya yang tersembunyi. Padahal keberadaan kampas rem juga menentukan keselamatan Anda. Padahal brake pad termasuk salah satu spare part mobil yang sangat bekerja keras apabila mobil digunakan.

Aditya Wicaktama, Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan komponen brake pad atau kampas rem memiliki beban kerja yang paling berat dengan masa pakai yang cenderung lebih singkat. Jadi mau tidak mau pemilik mobil harus memerhatikan dengan teliti kondisi kampas rem.



Saat ini memang banyak anggapan yang salah kaprah tentang kampas rem. Berikut ini beberapa hal yang menurut Aditya Wicaktama harus diperhatikan mengenai kampas rem:

Jangan Anggap Enteng, Yuk Cermati Serba-serbi Kampas Rem


Ciri-ciri kampas rem harus segera diganti

Indikasi yang menunjukkan brake pad sudah harus diganti, antara lain saat melakukan pengereman lebih banyak waktu untuk berhenti sempurna dan rem terasa kopong. Selain itu akan ada terdengar suara gesekan saat mengerem. Terakhir kendaraan akan bergerak ke satu arah saat melakukan pengereman.

Masa pakai kampas rem yang tidak imbang di roda mobil

Jangan salah paham dengan kampas rem yang ternyata masa pakainya tidak imbang di roda mobil. Hal ini tergantung dengan kondisi jalan yang dilalui mobil. Terkadang roda kiri lebih bekerja keras karena kondisi jalan yang tidak semulus dengan kondisi jalan yang dilalui roda kanan. Hal itu membuat masa pakai jadi tidak imbang. Kadang kampas rem roda kiri lebih cepat habis dibandingkan yang ada di roda kanan atau sebaliknya. Bukan berarti karena kondisi kampas rem bermasalah.

Jangan Anggap Enteng, Yuk Cermati Serba-serbi Kampas Rem
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9102 seconds (0.1#10.140)