Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang

Kamis, 23 September 2021 - 13:52 WIB
loading...
Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang
Koleksi mobil Sultan Bolkiah Brunei selalu menarik dicermati karena memiliki nilai sejarah tersendiri. Foto/IST
A A A
BRUNEI DARUSSALAM - Koleksi mobil Sultan Bolkiah Brunei bisa bikin takjub semua orang. Pasalnya mobil yang dia koleksi bukan mobil sembarangan. Mobil yang dimiliki Sultan Hassanal Bolkiah bukan hanya sekadar mobil sport biasa, mobil supermewah hingga luks tapi juga sangat eksklusif karena sesuai pesanan atau selera pribadi.

Desas-desus tentang mobil yang dikoleksi Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam memang sudah jadi fenomena tersendiri. Banyak berita yang menyebutkan jumlah mobil yang dikoleksi oleh Sultan Hassanal Bolkiah mencapai 7.000 unit. Saking banyaknya mobil tersebut pemimpin Brunei Darussalam itu membuat hanggar pesawat komersial jadi garasi pribadi.

Namun bukan itu yang membuat koleksi mobil Sultan Hassanal Bolkiah terasa istimewa. Pria kelahiran 15 Juli 1946 itu berupaya membuat koleksi mobilnya sangat spesial. Caranya adalah melakukan pemesanan tersendiri yang tidak bisa dilakukkan orang lain.



Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang


Diceritakan dalam buku berjudul "Brunei: Sultan Haji Hassanal Bolkiah Muizzaddin Waddaulah Handbook", bangsawan Brunei Darussalam itu sudah sejak lama telah menjalin hubungan dekat dengan perusahaan-perusahaan mobil sport . Bukan hanya perusahaan tapi juga punya hubungan khusus dengan rumah modifikasi dunia seperti Pininfarina dari Italia.

Sultan Hassanal Bolkiah dalam buku itu disebutkan memiliki kedekatan personal dengan pemilik rumah modifikasi Ferrari itu. Tidak heran jika berbagai jenis Ferrari, mulai dari yang standar, versi convertible, coupe, maupun saloon yang diproduksi secara terbatas dimiliki oleh Sultan Hassanal Bolkiah.

Ada dua cerita menarik mengenai kedekatan Sultan Hassanal Bolkiah dengan Pininfarina. Dalam buku itu disebutkan Pininfarina pernah memproduksi 2 model Ferrari Mythos yang seharusnya dipajang sebagai mobil konsep. Mobil itu harusnya dikembalikan ke Ferrari. Nyatanya satu balik ke kantor Ferrari di Maranello, Italia. Satunya lagi justru terbang ke Brunei Darussalam. Siapa lagi kalau bukan diberikan ke Sultan Hassanal Bolkiah.



Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang


Cerita lain datang dari Paolo Garella, Manajer Prototipe Pinifarina. Ia diberi tugas untuk memodifikasi Ferrari Testarossa agar lebih keren dan punya performa lebih baik. Meski sulit, Paolo Garella yang berpengalaman, sanggup mengerjakan hal tersebut. Apa yang dibangun tim Paolo Garella akhirnya menjadi salah satu supercar paling menarik dan misterius, yaitu Ferrari FX.

Mobil itu ternyata jadi salah varian terbatas keluaran Ferrari yang punya cerita menarik. Diketahui bahwa Ferrari hanya memproduksi FX sebanyak 5 unit, 4 dari 5 unit FX oleh Garella dilabur dengan warna merah. Namun salah satu Ferrari FX dicat dalam warna biru, dan unitnya berhasil direbut oleh tim balap Formula Satu, Williams. Uniknya, Ferrari FX berwarna biru safir ini menjadi satu-satunya di dunia yang berada di garasi Sultan Hassanal Bolkiah.

Kedekatan Sultan Hassanal Bolkiah tidak hanya pada Pininfarina saja. Dia juga menjalin kedekatan yang sangat personal dengan perusahaan mobil mewah dan sport lainnya. Jadi mereka tidak akan pernah keberatan jika tiba-tiba sang sultan menelpon melalui jalur pribadi dan minta dibuatkan mobil yang sesuai keinginannya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0728 seconds (0.1#10.140)