Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang

Kamis, 23 September 2021 - 13:52 WIB
loading...
Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang
Koleksi mobil Sultan Bolkiah Brunei selalu menarik dicermati karena memiliki nilai sejarah tersendiri. Foto/IST
BRUNEI DARUSSALAM - Koleksi mobil Sultan Bolkiah Brunei bisa bikin takjub semua orang. Pasalnya mobil yang dia koleksi bukan mobil sembarangan. Mobil yang dimiliki Sultan Hassanal Bolkiah bukan hanya sekadar mobil sport biasa, mobil supermewah hingga luks tapi juga sangat eksklusif karena sesuai pesanan atau selera pribadi.

Desas-desus tentang mobil yang dikoleksi Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam memang sudah jadi fenomena tersendiri. Banyak berita yang menyebutkan jumlah mobil yang dikoleksi oleh Sultan Hassanal Bolkiah mencapai 7.000 unit. Saking banyaknya mobil tersebut pemimpin Brunei Darussalam itu membuat hanggar pesawat komersial jadi garasi pribadi.

Namun bukan itu yang membuat koleksi mobil Sultan Hassanal Bolkiah terasa istimewa. Pria kelahiran 15 Juli 1946 itu berupaya membuat koleksi mobilnya sangat spesial. Caranya adalah melakukan pemesanan tersendiri yang tidak bisa dilakukkan orang lain.

Baca juga : Jangan Anggap Enteng, Yuk Cermati Serba-serbi Kampas Rem



Koleksi Mobil Sultan Bolkiah Brunei yang Bikin Takjub Semua Orang


Diceritakan dalam buku berjudul "Brunei: Sultan Haji Hassanal Bolkiah Muizzaddin Waddaulah Handbook", bangsawan Brunei Darussalam itu sudah sejak lama telah menjalin hubungan dekat dengan perusahaan-perusahaan mobil sport . Bukan hanya perusahaan tapi juga punya hubungan khusus dengan rumah modifikasi dunia seperti Pininfarina dari Italia.

Sultan Hassanal Bolkiah dalam buku itu disebutkan memiliki kedekatan personal dengan pemilik rumah modifikasi Ferrari itu. Tidak heran jika berbagai jenis Ferrari, mulai dari yang standar, versi convertible, coupe, maupun saloon yang diproduksi secara terbatas dimiliki oleh Sultan Hassanal Bolkiah.

Ada dua cerita menarik mengenai kedekatan Sultan Hassanal Bolkiah dengan Pininfarina. Dalam buku itu disebutkan Pininfarina pernah memproduksi 2 model Ferrari Mythos yang seharusnya dipajang sebagai mobil konsep. Mobil itu harusnya dikembalikan ke Ferrari. Nyatanya satu balik ke kantor Ferrari di Maranello, Italia. Satunya lagi justru terbang ke Brunei Darussalam. Siapa lagi kalau bukan diberikan ke Sultan Hassanal Bolkiah.

Baca juga : Kalahkan Bentley Bentayga, Brabus 900 Rocket Edition Jadi SUV Terkencang di Dunia
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE