Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Jum'at, 24 September 2021 - 22:05 WIB
loading...
Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya
Knalpot motor yang mengeluarkan suara keras acap mengganggu pengemudi maupun pengguna jalan yang lain. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ada banyak permasalahan yang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor, salah satunya knalpot ”nembak” ketika gas dilepas. Bila begitu, tentu bunyinya sangat mengganggu. Tak hanya bagi pemilik motor, tapi juga pengendara lainnya.



Untuk itu, berikut ini penting untuk dipahami penyebab knalpot nembak dan solusi untuk menanganinya, dilansir dari laman Suzuki:

• Lupa Menutup Tutup Choke

Penyebab pertama mengapa knalpot nembak ketika melepas gas adalah karena bagian choke yang belum tertutup. Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele tetapi sering dilewatkan. Ketika membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah.

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Jika tidak menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti terkena ledakan. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menjadi boros

• Knalpotnya Mengalami Kebocoran

Penyebab knalpot nembak berikutnya adalah komponen tersebut sudah mengalami kebocoran. Komponen yang mengalami kebocoran berasal dari knalpot itu sendiri. Cara mengetahuinya adalah dari suara kendaraan mengalami kebisingan atau tidak.

• Ada Masalah Pada Saluran Mesin Kendaraan

Untuk penyebab lain mengapa knalpot nembak adalah karena terjadinya masalah pada bagian saluran mesin. Biasanya hal ini terjadi pada bagian selang udara. Jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.

Saluran mesin ini sangat diperlukan saat proses pembakaran, sehingga bisa menahan suara bising yang muncul. Ada bagian lain yang juga harus di rawat kondisinya. Yaitu karburator agar performanya tetap baik. Jika tidak maka akan mengganggu kinerja dari komponen yang lainnya.

• Ada Masalah Pada Bagian Busi

Hal ini merupakan penyebab utama dari knalpot yang nembak saat gasnya dilepas. Jika busi mengalami masalah, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Proses pengapian juga tidak maksimal.

• Terlalu Banyak Campuran di Bahan Bakar

Penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas yang berikutnya adalah adanya banyak campuran pada bahan bakar. Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar.

Ini Solusi Mengatasi Knalpot yang Nembak Saat Melepas Gas:

• Mengecek Kondisi Knalpot

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek bagian knalpot dan mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Bisa juga menyesuaikannya dengan standar pada kendaraan.

• Mengecek Bagian Busi

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah mengecek bagian busi motor apakah mengalami masalah atau tidak. Jika pada bagian busi mengalami masalah, bisa langsung mengganti busi tersebut dengan yang busi yang baru.



• Mengganti Filter Udara

Jika kedua cara di atas tidak bisa, maka dapat menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan melakukan penggantian filter udara.
Jika tidak tahu bagaimana cara menggantinya, silahkan pergi ke bengkel resmi. Motor akan langsung ditangani dengan baik oleh ahlinya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3664 seconds (0.1#10.140)