Lakukan Hal Ini Jika Pedal Kopling Mobil Sudah Terasa Berat

Minggu, 26 September 2021 - 18:06 WIB
loading...
Lakukan Hal Ini Jika Pedal Kopling Mobil Sudah Terasa Berat
Piringan kopling yang mengalami aus menjadi salah satu penyebab kopling terasa berat. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pada mobil bertransmisi manual, pastinya terdapat pedal kopling yang kerap digunakan untuk menambah atau mengurangi kecepatan. Karena kopling ini memang dibuat untuk menghubungkan roda gigi pada transmisi.

Namun satu hal yang perlu Anda tahu bahwa, tidak semua pedal kopling mobil nyaman ketika sedang digunakan. Karena pedal kopling mobil pastinya memiliki kondisi umur pakainya masing-masing.

Apabila pedal kopling mobil mulai terasa berat atau seret yang dapat mengakibatkan kaki Anda pegel, lakukan cara ini untuk mengembalikan pedal kopling tidak berat lagi. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pedal kopling berat:

BACA: Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

1. Mengganti satu set kopling

Umumnya kerap terjadi apabila kopling mobil manual terasa berat diakibatkan oleh kondisi kampas koplingnya yang sudah jelek. Anda sebagai pengendara tidak bisa memaksakan untuk terus berjalan jika kondisinya seperti ini.

Jika dipaksakan dikhawatirkan akan terjadi kopling menjadi slip dan menimbulkan kerusakan yang bisa merembet ke bagian lain. Memang penggantian komponen ini menelan biaya cukup mahal, namun gejala keras kopling akan dapat dipastikan hilang.

2. Lumasi bagian Karet atau kabel kopling

Pada komponen ini pastinya terdapat karet serta kabel-kabel yang menunjang kinerja komponen itu. Lambat laun pastinya kinerja karet dan kabel pasti akan seret atau bahkan rusak.

Jika penyebabnya adalah kurangnya pelumasan, semprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot pada fork kopling.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1546 seconds (11.97#12.26)