Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Sabtu, 26 Juni 2021 - 19:05 WIB
loading...
Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis
Meski kampas kopling ini termasuk komponen yang slow moving akan tetapi harus selalu di cek secara berkala. Foto: dok Daihatsu
A A A
JAKARTA - Kampas kopling merupakan komponen penting pada kendaraan mobil khususnya tipe transimisi manual. Hal itu disebabkan karena fungsi kampas kopling sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Sehingga mobil bisa dapat melaju dengan halus tanpa tersendak.

Meski kampas kopling ini termasuk komponen yang slow moving akan tetapi harus selalu di cek secara berkala.

BACA JUGA: Mengenal Bokeh Flare Potrait Video, Fitur Andalan OPPO Reno6

Sebab cara kerja kampas rem sangat erat dengan gesekan dan tekanan. Seiring berjalan waktu akan mengalami keausan yang membuat tenaga mobil menjadi berat.

Berikut ini dilansir dari Topgear, mengenali ciri-ciri kampas kopling mobil Anda abis:

1. Pedal kopling seret
Memang semua mobil bertransmisi manual pedal koplingnya dapat di atur ketinggiannya. Namun jika yang Anda rasakan pedal kopling menjadi serat dan berat serta berubah ukuran ketinggianya ini bisa menjadi tanda bahwa kopling Anda hampir habis masa pakainya.

2. Mesin berada diputaran tinggi, mobil bergerak lambat
Ciri-ciri berikutnya yang pasti terjadi penurunan performa mesin menjadi berat dan lambat. Jika menekan throttle (gas) dan mesin berada diputaran tinggi namun mobil terasa lambat dan cenderung berada di kecepatan rendah, pertanda kopling Anda selip.

Hal ini disebabkan karena kopling aus sampai-sampai mengalami kesulitan mencengkeram pelat penekan, sehingga menyulitkan mesin mentransfer daya putar ke transmisi.

3. Ganti gigi menjadi lebih sulit
Ciri-ciri ketiga yang dapat dirasakan adalah sulit mengoper gigi perseneling. Jika Anda memasukkan mobil ke gigi mundur, Anda mengalihkan daya dari poros engkol ke arah yang berlawanan.

Ini adalah proses cukup besar untuk drive train, oleh karena itu Anda terkadang mendengar atau merasakan bunyi gedebuk saat Anda menggeser gigi mundur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1861 seconds (11.252#12.26)