Ford Bangun Blue Oval City untuk Produksi Mobil dan Baterai Listrik Terbesar di AS

Selasa, 28 September 2021 - 09:03 WIB
loading...
Ford Bangun Blue Oval City untuk Produksi Mobil dan Baterai Listrik Terbesar di AS
Ford mengumumkan akan membangun pabrik perakitan mobil listrik terbesar di Amerika Serikat bersama SK Innovation. Foto/Ford
A A A
WASHINGTON - Ford mengumumkan akan membangun pabrik perakitan mobil listrik terbesar di Tennessee dan Kentucky. Untuk membangun pabrik yang mereka sebut Blue Oval City, Ford dan SK Innovation menginvestasikan USD11,4 miliar.

Dilansir Autoblog, Selasa (28/9/2021), tahap pertama akan digelontorkan anggaran senilai USD5,6 miliar di Stanton, Tenn. Pabrik ini dinamai "Blue Oval City", karena secara harfiah pabrik seluas 3.600 hektare ini akan seperti kota.



Pabrik ini akan digunakan untuk perakitan kendaraan, produksi baterai, dan tempat pemasok. Ford mengatakan itu akan menjadi sistem yang terintegrasi dan menggunakan sumber daya terbarukan. Tujuan dari pabrik akan netralitas karbon dengan proyeksi mulai produksi pada tahun 2025.

Sedangkan USD5,8 miliar akan digunakan Ford dan SK SK Innovation untuk membangun lahan seluas 1.500 hektare untuk membangun Baterai Park BlueOvalSK di Glendale, Ky yang akan terdapat dua pabrik baterai Ford memprediksi pabrik tersebut akan memproduksi hingga 86 GWh per tahun.

Ford Bangun Blue Oval City untuk Produksi Mobil dan Baterai Listrik Terbesar di AS


CEO Ford Jim Farley mengatakan, ini adalah momen mereka untuk membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi Amerika. “Kami bergerak sekarang untuk menghadirkan kendaraan listrik yan berguna bagi semua orang," katanya.



Tak sekedar membangun pabrik, kata Farley, apa yang dilakukan Ford juga tentang menciptakan pekerjaan yang baik yang mendukung keluarga Amerika, sistem manufaktur ultra-efisien, karbon-netral, dan bisnis yang berkembang yang memberikan nilai bagi masyarakat, dealer, dan pemegang saham.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4520 seconds (0.1#10.140)