Tanpa Kendala, Motor Listrik BL SEV01 Digeber Jakarta – Mandalika

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 18:47 WIB
loading...
Tanpa Kendala, Motor Listrik BL SEV01 Digeber Jakarta – Mandalika
Keberhasilan BL-SEV01 menempuh perjalanan Jakarta – Mandalika menjadi nyata konsistensi UBL menciptakan kendaraan listrik untuk masa depan yang ramah lingkungan dan hemat. FOTO/ IST
A A A
LOMBOK - Universitas Budi Luhur berhasil melakukan test ride sebagai bagian dari motor listrik Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) dengan rute Jakarta – Mandalika. BL-SEVO1 sukses memecahkan rekor motor listrik pertama karya anak bangsa yang berhasil melakukan perjalanan sejauh 1.340 km.

Keberhasilan BL-SEV01 menempuh perjalanan Jakarta – Mandalika menjadi nyata konsistensi UBL menciptakan kendaraan listrik untuk masa depan yang ramah lingkungan dan hemat.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL, Sujono, ST, MT, mengungkapkan, touring Jakarta – Mandalika merupakan proses pembelajaran secara praktik bagi dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur, khususnya Fakultas Teknik Elektro.
''Pengujian jarak jauh ini sangat dibutuhkan motor listrik BL-SEV01 untuk ketahanan baterai dan performa. Selama perjalanan, tim UBL mengambil data teknis dari BL-SEV01 terhadap kontur jalan di Indonesia yang beragam mulai dari jalanan rata, jalan rusak, sampai jalur pegunungan,” jelas Sujono melalui keterangan resminya..

BL-SEV01 untuk perjalanan kali ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

“Tim manajemen touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika membawa 3 set baterai yang masing–masing mampu menempuh 100–140 km sekali perjalanan. Agar mempermudah perjalanan dan menghemat waktu maka menerapkan sistem mengganti baterai dengan sistem swab. Rata–rata dalam satu hari menempuh perjalanan kurang lebih 300 kilometer dan perjalanan hanya dilakukan siang hari karena malam hari pengisian baterai di penginapan dan istirahat,” ungkap Sujono.

Pihak Studi Kendaraan Listrik UBL memilih rute Jakarta – Mandalika karena Universitas Budi Luhur mendukung penuh keberadaan sirkuit baru Mandalika dengan standar untuk menggelar MotoGP ataupun WSBK.

Keberadaan Sirkuit Mandalika juga sejalan dengan konsep BL-SEV01 yang mengusung model sport dan sangat cocok untuk dikendarai di lintasan sirkuit. “BL-SEV01 telah melakukan uji coba di Sirkuit Internasional Sentul Bogor dengan top speed mencapai 140 kilometer per jam di lintasan lurus,” tegas Sujono.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA, mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada tim yang sudah melancarkan uji coba perjalanan dari Jakarta menuju Mandalika. “Saya berharap touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia khusus dosen dan mahasiswa bahwa kita mampu membuat kendaraan listrik,” Jelas Kasih Hanggoro.

“BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya, serta dikembangkan oleh civitas akademis Universitas Budi Luhur. Selain itu, touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta - Mandalika mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01,” tambah Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M..
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)