Honda Siapkan Robot, Pesawat Canggih, dan Roket ke Bulan

Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:37 WIB
loading...
Honda Siapkan Robot, Pesawat Canggih, dan Roket ke Bulan
Honda menegaskan bahwa fokus perusahaan tidak hanya di kendaraan, tapi juga teknologi masa depan. Foto: dok Honda
A A A
JAKARTA - Honda Motor Co . memamerkan sejumlah inovasi baru, menegaskan perusahaan semakin fokus di teknologi. Sesuai visi Honda 2030 untuk membuat konsumen bisa mengembangkan potensi hidup secara menyenangkan.

Inovasi-inovasi itu digawangi oleh Honda R&D Co . Mereka lah yang mengambil peran utama dalam penelitian dan pengembangan teknologi Honda. Visi mereka tidak hanya membawa mobilitas di bumi saja, tapi juga sampai ke luar angkasa.



Untuk mencapainya, mereka kini fokus mengembangkan teknologi di bidang pembakaran, elektrifikasi, kontrol, dan robotika. Salah satunya Pesawat Honda eVTOL (electric Vertical Take-Off and Landing) yang dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai teknologi utama Honda.

Honda eVTOL adalah pesawat kecil tapi dengan tingkat keselamatan setara pesawat penumpang komersial. Strukturnya sederhana, tapi fungsinya luar biasa. Sebab, Honda eVTOL bisa lepas landas dan mendarat di tengah kota tanpa bising. Pesawat tersebut juga bisa mendarat secara vertikal, seperti yang ada di film sains fiksi.

Honda Siapkan Robot, Pesawat Canggih, dan Roket ke Bulan

Honda juga akan mengembangkan Robot Avatar dengan tujuan memperluas jangkauan kemampuan manusia secara virtual tanpa batas waktu dan tempat ataupun ruang.

Robot Avatar Honda akan dilengkapi dengan multi-finger hand, mampu mengambil benda kecil dengan ujung jari dengan hati-hati. Juga, membuka tutup benda yang rapat. Robot Avatar Honda diharapkan bisa digunakan konsumen di 2030. Honda juga memulai inisiatif untuk mengupayakan perluasan aktivitas dan pengembangan manusia di bulan.

Honda Siapkan Robot, Pesawat Canggih, dan Roket ke Bulan

Mereka sedang melakukan penelitian bersama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) yang bertujuan untuk berkontribusi pada berbagai aktivitas manusia di permukaan bulan.

Selain itu, ada robot yang dikendalikan dari jarak jauh di permukaan bulan untuk meminimalisir risiko yang akan dialami astronot dan memungkinkan orang menikmati pengalaman berada di bulan dari bumi secara virtual. Honda juga sedang mengerjakan pengembangan roket kecil. Pengembangan roket ini diprakarsai oleh proposal yang dibuat oleh para insinyur muda Honda yang ingin membangun roket kecil.



Keiji Ohtsu, President dan Representative Director of Honda R&D Co., Ltd., mengatakan bahwa tantangan-tantangan ini diambil Honda di area baru. ”Melalui penciptaan mobilitas baru, Honda akan terus berusaha untuk mengubah nilai yang diberikan orang pada mobilitas dan membuat perubahan positif bagi masyarakat,” katanya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)