Jelajahi Tarakan, Jokowi Pakai Kendaraan Tempur Rakitan Tangerang

Selasa, 19 Oktober 2021 - 22:01 WIB
loading...
Jelajahi Tarakan, Jokowi Pakai Kendaraan Tempur Rakitan Tangerang
Kendaraan tempur yang dipakai Presiden Joko Widodo saat tengah berkunjung ke Tarakan, Kalimantan Utara. FOTO/ TWITTER Sekretariat.Kabinet
A A A
TARAKAN - Kendaraan taktis ( Rantis ) yang digunakan Presiden Joko Widodo saat tengah berkunjung ke Tarakan, Kalimantan Utara mengundang perhatian banyak pihak. Kendaraan militer yang digunakan Jokowi ini adalah produk asli pkeroduksi Indonesia.

Dikutip dari akun Instagram @sekretariat.kabinet, Selasa, 19 Oktober 2021, mobil gagah itu bernama P6 ATAV V1 diproduksi PT Sentra Surya Ekajaya di kawasan Tangerang Banten. BACA JUGA - Tinjau Vaksinasi BIN, Jokowi Didoakan dan Diberi Pakaian Adat Dayak Kenyah

P6 ATAV V1 saat ini telah digunakan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Presiden memilih menggunakan P6 ATAV V1 utamanya karena kendaraan ini dirakit di dalam negeri dan telah diproduksi massal.

“Kita tahu bahwa Presiden ingin selalu memperkenalkan produk lokal, mulai dari minuman, makanan, sepatu, jaket, hingga motor custom. Kali ini Presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri, kecuali mesin ya,” ucap Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Rantis P-6 All Terain Assault Vehicle merupakan salah satu karya enginer PT.SSE. Kendaaan ini memang direncanakan, didesain dan diproduksi khusus untuk pasukan khusus TNI.

PT SSE mengklaim menggunakan bahan-bahan yang nomor satu. Untuk plat misalnya, mereka menggunakan duralium yang ringan namun kuat.
Jelajahi Tarakan, Jokowi Pakai Kendaraan Tempur Rakitan Tangerang


Meski demikian, untuk mesin P-6 menggunakan mesin lokal. Hal ini dimaksudkan untuk kemudahan suku cadang dan pemeliharaan. Walau lokal, mesin diharuskan kuat dengan perbandingan power to weight ratio mencapai 56 HP/ton

Tak heran jika kemudian P-6 mampu bergerak sangat lincah. Dengan bobot hanya sekitar 2 ton, mobilisasi P-6 juga sangat mudah.

Kendaraan ini bisa dibawa menggunakan Hercules atau digantung ke Helikopter berat. Sesuai peruntukannya, P-6 memiliki 4 titik untuk pemasangan senjata. Senjata yang bisa digotong mulai dari senapan mesin sedang sekelas GPMG hingga Minimi.

Jika diperlukan, P-6 juga bisa dipasang peluru kendali ringan seperi ATGM atau MANPADS.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)