Mengulik Harga Motor Honda di Singapura, Seperti Beli Mobil di Indonesia

Rabu, 20 Oktober 2021 - 07:00 WIB
loading...
Mengulik Harga Motor Honda di Singapura, Seperti Beli Mobil di Indonesia
Membeli motor Honda di Singapura sama seperti beli mobil baru di Indonesia. Foto/IST
A A A
SINGAPURA - Harga motor Honda di Singapura ternyata sangat fantastis jika dibandingkan dengan di Indonesia. Harganya seperti beli mobil baru di Indonesia. Bukan hanya motor Honda saja, motor-motor lainnya juga superfantastis mahal.

Seperti harga mobil di Singapura, yang juga sangat mahal, harga motor di Singapura melonjak tinggi karena penerapan Certificate of Entitlement (COE). Diketahui COE adalah surat keterangan yang didasarkan pada kuota pertumbuhan jumlah kendaraan baru yang diperbolehkan di Singapura dan hanya berlaku selama 10 tahun.

Penerapan COE inilah yang membuat banyak situs-situs dealer resmi motor-motor di Singapura tidak mencantumkan daftar harga. Datangi saja situs dealer resmi motor Honda di Singapura yang dipegang oleh Boon Siew Singapore, dealer resmi motor Yamaha HLCorp dan penjual resmi motor Kawasaki di Singapura sampai Harley-Davidson Singapura.

Tidak satu pun dari mereka yag akan mencantumkan daftar harga. Pasalnya, perhitungan COE akan sangat berbeda antara satu motor dengan motor lainnya tergantung dari kelas motor itu sendiri. Nah, satu-satunya daftar harga yang konsumen di Singapura harus bayar adalah daftar harga yang dikeluarkan oleh Land Transport Authority (LTA) Singapura.

Mengulik Harga Motor Honda di Singapura, Seperti Beli Mobil di Indonesia




Dalam daftar yang SINDONEWS.Com unduh di situs resmi LTA, harga motor Honda memang terbilang fantastis. Ambil contoh Honda ADV 150 yang di Indonesia dijual di harga Rp35,186 juta.

Di Singapura, berdasarkan data LTA, Honda ADV 150 ternyata memiliki harga dasar SGD4.991 atau setara Rp52,08 juta. Hanya saja setelah dikenakan COE maka harganya jadi SGD14.680 atau setara Rp153,20 juta. Harga itu sama saja seperti membeli mobil Toyota Calya baru yang harganya cuma Rp146,19 juta.

Begitu juga jika ingin membeli motor Honda CB150R di Singapura. Di Indonesia harga Honda CB150R, berdasarkan harga di situs resmi PT Astra Honda Motor (AHM) adalah Rp29,7 juta. Bagaimana dengan di Singapura?

Dari data LTA, harga awal Honda CB150R ada di angka SGD5.564 atau setara Rp58,06 juta. Harganya makin melonjak ketika harus membayar COE menjadi SGD15.253 atau setara Rp159,1 juta. Jadi harganya memang nyaris sama dengan Honda ADV 150. Sama-sama bisa membeli mobil baru jika di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)