Safety Car Korea buat WSBK di Sirkuit Mandalika Datang, Cermati Kekuatannya!

Rabu, 10 November 2021 - 13:46 WIB
loading...
Safety Car Korea buat WSBK di Sirkuit Mandalika Datang, Cermati Kekuatannya!
Hyundai i30 N Fastback juga dijual untuk umum dengan harga USD49.000 atau setara Rp695,4 juta. Foto/Hyundai.
A A A
JAKARTA - Mobil pengaman atau safety car ajang World Superbike (WBSK) 2021 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, akhirnya datang. Hal itu diketahui dari ungggahan video di kanal YouTube developer fasilitas gedung di Sirkuit Mandalika, Modular Wika Gedung.

Dalam unggahan video itu mobil safet car buatan Hyundai untuk ajang WBSK 2021, Hyundai i30 N Fastback sudah ditempatkan di salah satu ruangan yang ada di gedung buatan Modular Wika Gedung. Mobil dari Korea Selatan itu tampil dengan livery khas Safety Car WBSK 2021, merah dan biru muda.

Livery ini justru bukan livery dari WSBK. Menurut Hyundai dalam laman resmi mereka, livery di Hyundai i30 N Fastback justru terinspirasi dari mobil reli Hyundai i20 Coupe WRC.





Keterlibatan Hyundai i30 N Fastback sebagai safety car di ajang WSBK diketahui dimulai sejak Februari 2019 lalu. Kemitraan Hyundai dengan WSBK itu akan berlangsung hingga 2023.

"Membuat safety car unutk WSBK adalah hal yang menarik buat kami. Mobil itu bukanlah mobil balap namun akan menghabiskan banyak waktu di sirkuit dan itu tidak masalah buat Hyundai i30 N Fastback. Sejatinya mobil itu memang sudah punya segala kemampuan untuk berada di sirkuit balap," ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Head of the Product Planning & Strategy Division Hyundai Motor.



Safety Car Korea buat WSBK di Sirkuit Mandalika Datang, Cermati Kekuatannya!


Hyundai memang tidak melakukan perubahan besar dari segi spesifikasi di mobil itu. Hyundai i30 N Fastback masih menggendong mesin 4 silinder dengan kapasitas 2,0 liter plus turbo. Racikan divisi motorsport Hyundai, N, bisa membuat mobil itu memiliki tenaga sebesar 280 PS dan torsi maksimal 392 Nm. Paduan tenaga dan torsi itu membuat mobi mampu mencapai kecepatan tertinggi 250 kilometer per jam.

Meski mesin tidak mendapatkan perubahan, Hyundai mendandani mobil itu dengan beberapa part khusus agar makin lincah di sirkuit. Velg mobil menggunakan velg forged buatan Braid. Ban juga diganti dengan ban balap Pirelli P Zero. Begitu juga kampas rem yang kini buatan Pagid.

Tampilan itu berhasil membuat tongkrongan Hyundai i30 N Fastback jadi semakin mencolok di semua sirkuit perhetalan WSBK termasuk yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 19-21 November nanti.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)