Mobil Tak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek, Coba Cek Komponen Ini!

Kamis, 02 Desember 2021 - 22:35 WIB
loading...
Mobil Tak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek, Coba Cek Komponen Ini!
Mobil tak bisa distarter bunyi tek tek disebabkan dari beberapa hal yang terkait dengan komponen mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Mobil tak bisa distarter bunyi tek tek disebabkan dari beberapa hal yang terkait dengan komponen mobil. Dengan mengetahui sumber masalah dari mobil yang tidak bisa distarter ini, Anda jadi bisa melakukan perhitungan berapa kira-kira biaya yang dihabiskan untuk melakukan perbaikan.

Biasanya yang tidak mengerti mesin, ketika mobil distarter bunyi tek tek pasti menganggap kerusakan ada di aki mobil. Ketika sudah mengganti aki ternyata masih sulit distarter, baru menyadari bahwa kerusakan bukan di aki.



Sebelum Anda mengganti aki, ada baiknya memahami beberapa komponen yang bisa menjadi penyebab mobil tak bisa distarter dan bunyi tek tek. Berikut beberapa penyebab mobil sulit di starter yang dikutip dari situs Auto2000:

1. Cek Dinamo Starter

Hal perama yang harus diperhatikan adalah dinamo starter. Komponen ini bertugas untuk memutar poros engkol mesin dengan bantuan baterai atau aki.

Dinamo starter terikat kuat pada mesin dengan baut khusus. Jika baut tersebut longgar, maka mesin akan mengeluarkan bunyi tek tek saat dihidupkan.

Solusinya adalah mengencangkan baut pengikat dinamo starter. Namun, jika ternyata lubang baut sudah aus, maka perlu dilakukan pembubutan agar dinamo starter tidak bergetar saat mesin di-starter.

2. Gigi Pinion Rusak

Gigi pinion adalah roda gigi kecil di antara dinamo starter dan flywheel. Komponen ini berfungsi ketika mesin dihidupkan dan roda gigi pinion muncul dan kemudian bertautan dengan roda gigi pada flywheel.
Roda gigi pinion ini bisa aus karena selalu bersinggungan dengan flywheel. Jika masalahnya di gigi pinion, satu-satunya cara adalah mengganti komponen ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)