Cara Menghidupkan Mobil Listrik, Sama Saja Kok Kecuali Tesla

Selasa, 07 Desember 2021 - 06:09 WIB
loading...
Cara Menghidupkan Mobil Listrik, Sama Saja Kok Kecuali Tesla
Cara menghidupkan mobil listrik relatif sama seperti mobil matik biasa. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara menghidupkan mobil listrik relatif sama dengan mobil otomatis biasa. Misalnya, sama-sama menggunakan keyless atau smart key.

Lalu, menyalakan mobil listrik juga tidak berbeda dengan mobil biasa. Injak pedal rem, lalu tekan tombol Start/Stop. Yang membedakan adalah suara dan getaran. Mobil listrik sangat minim suara atau getaran.



Sehingga, orang yang baru mencoba mobil listrik harus lebih jeli memperhatikan layar Multi Information Display (MID). Memastikan indikator mobil dalam kondisi menyala ataukah mati.

Cara Menghidupkan Mobil Listrik, Sama Saja Kok Kecuali Tesla

Nah, cara menyalakan mobil yang cukup unik ada di Tesla Model 3. Karena pengguna masuk ke mobil tidak lagi mengunakan anak kunci. Namun, memakai teknologi Radio-frequency identification (RFID) maupun aplikasi di smartphone.

Pembeli Tesla Model 3 akan mendapat kartu yang dilengkapi chip. Kartu ini digunakan untuk membuka pintu sekaligus menyalakan mobil.

Menggunakan teknologi RFID, pengguna hanya perlu menempelkan kartu di pilar B. Selanjutnya, pintu akan terbuka. Nah, ketika ingin menyalakan mobil maka pengguna cukup menempelkan kartu ke konsol tengah.



Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan smartphone jadi kunci mobil. Caranya dengan menginstal aplikasi Tesla di ponsel, lalu koneksikan ke mobil. Maka otomatis ponsel akan berfungsi seperti kunci mobil. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan banyak hal di mobilnya. Mulai mengetahui kondisi baterai, mengaktifkan pendingin udara, membuka bagasi depan, dan lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)