Jepang Bangkitkan Lagi Bus yang Bisa Berjalan di Rel Kereta

Selasa, 07 Desember 2021 - 17:00 WIB
loading...
Jepang Bangkitkan Lagi Bus yang Bisa Berjalan di Rel Kereta
Bus DMV yang bisa berjalan di aspal dan rel kereta akan mulai beroperasi pada 25 Desember nanti. Foto/IST
A A A
JEPANG - Perusahaan perjalanan kereta Jepang, Asa Coast Railway Company akan membangkitkan lagi operasi bus Dual Mode Vehicle (DMV) di hari Natal pada 25 Desember nanti. Bus itu akan kembali melayani penumpang yang ingin merasakan pengalaman unik naik bus yang tidak hanya bisa beroperasi di jalanan aspal tapi juga di rel kereta.

NHK menyebutkan proyek bus DMV itu sebenarnya dimulai pada 2002. Saat itu perusahaan perjalanan kereta Jepang lainnya, JR Hokkaido mencoba memberikan pengalaman baru buat masyarakat yang tak ingin repot gonta-ganti transportasi dari bus ke kereta. Lewat bus DMV mereka tinggal hanya duduk di dalam bus dan kemudian bus bisa berpindah dari jalanan aspal ke rel kereta . "Hanya saja karena keterbatasan dana bus itu hanya beroperasi dari 2002 hingga 2015," sebut NHK.



Jepang Bangkitkan Lagi Bus yang Bisa Berjalan di Rel Kereta


Disebutkan The Asahi Shimbun proses uji coba sudah dilakukan akhir pekan lalu. Asa Coast Railway Company telah membangun tempat khusus dimana bus itu bisa parkir dan berubah fungsi agar bisa berjalan di rel kereta.

Hanya butuh waktu 15 detik bagi bus itu mengangkat ke empat ban menjadi 6 roda besi yang biasa digunakan kereta. Hanya saja kecepatan di atas rel untuk bus itu dibatasi yakni 30 kilometer per jam.



"Rasanya seperti ada di taman hiburan ketika menggunakan bus ini," ujar Toyoki Ihara, Direktur Pelaksana Asa Coast Railway Company. “Keberhasilan DMV tergantung pada apakah kami dapat mempersiapkan diri dengan cukup baik untuk memuaskan penumpang," sambungnya lagi.

Direncanakan bus DMV itu akan beroperasi sejauh 10 kilometer antara Stasiun Awa-Kainan dan Stasiun Kannoura di Toyo, Prefektur Kochi. Kendaraan akan menggunakan moda bus untuk melakukan perjalanan langsung ke Tanjung Muroto di Muroto, Prefektur Kochi, dan tempat-tempat wisata lainnya pada akhir pekan dan hari libur terutama hari Natal nanti.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)