Selain Reggae dan Rastafari, Inilah Wasiat Bob Marley yang Masih Terjaga

Selasa, 07 Desember 2021 - 20:31 WIB
loading...
Selain Reggae dan Rastafari, Inilah Wasiat Bob Marley yang Masih Terjaga
Legenda Reggae Bob Marley. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Bob Marley l egenda musik reggae dan penggerak syiar Rastafari dan perdamaian ternyata punya hobi otomotif juga. Namun di balik ketenarannya, pria bernama lengkap Robert Nesta Marley punya mobil kesayangan yang hingga ini dirawat dengan baik.

Seperti dilansir dari Autoevolution, salah satu tunggangan favorit Bob Marley adalah Land Rover Seri III produksi 1977. Mobil 4x4 produksi Inggris ini memang kerap terlihat dalam foto-foto biografi ketika sang legenda masih hidup. Namun, sejak kematiannya pada Mei 1981, pickup ini praktis terbengkalai dengan kondisi mengenaskan.

BACA JUGA - Jeep Keramat Slank, Berani Sentuh Nyawa Melayang

Melihat hal tersebut, keluarga Marley yang juga mengelola Bob Marley Museum merestorasi mobil ini. Proyek dikerjakan bersama Sandals Resorts International yang berafiliasi dengan Regional Distributor Land Rover Jamaika.

Mengusung desain kotak, sejarah kehadiran Land Rover bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pertanian rakyat Inggris. Pada 1947, konsep pertama mobil ini rampung dibuat.

Adalah Maurice Wilks, adik dari Spencer Wilks selaku Managing Director dari Rover Company Limited, yang menginisiasi pembuatan Land Rover.
Selain Reggae dan Rastafari, Inilah Wasiat Bob Marley yang Masih Terjaga

Pada 1948, mobil pertama Land Rover yang dinamakan Seri 1, resmi diumumkan ke publik, lewat pameran otomotif bertajuk Amsterdam Motor Show.

Mobil itu hadir dengan mesin P3 berkapasitas 1.600 cc dengan tenaga 50 hp, serta dikombinasikan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Kehadiran Seri 1 direspon positif oleh pasar. Model ini cukup laris dan memiliki banyak peminat.

Pada tahun 1950, perusahaan melakukan perombakan. Demi meningkat kepuasan pelanggannya, mesin di mobil Land Rover ditingkatkan menjadi 2.000 cc.

Di tahun yang sama, merek mobil Land Rover resmi berubah status. Awalnya, mobil ini dibuat sebagai kendaraan komersial yang bebas pajak kendaraan.

Land Rover dan Bob Marley menurut anggota keluarga Marley punya sejarah panjang, salah satunya Rohan Marley yang bercerita kenangan masa kecil bersama sang Ayah dan Landie favoritnya.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1466 seconds (10.177#12.26)