Bisa Sebabkan Kecelakaan, NHSTA Selidiki Fitur Passenger Play Tesla

Kamis, 23 Desember 2021 - 22:01 WIB
loading...
Bisa Sebabkan Kecelakaan, NHSTA Selidiki Fitur Passenger Play Tesla
NHSTA melakukan penyelidikan terkait dengan fitur Passenger Play Tesla yang ditengarai menjadi penyebab kecelakaan. Foto/dok
A A A
NEW YORK - Regulator keselamatan mobil Amerika Serikat (NHSTA) melakukan penyelidikan keamanan terhadap 580.000 mobil Tesla yang dijual sejak 2017. Penyelidikan ini terkait dengan fitur Passenger Play yang ditengarai menjadi penyebab kecelakaan mobil listrik tersebut.

Dikutip dari NY Post, Kamis (23/12/2021), NHSTA mengatakan, fitur Passenger Play dapat menurunkan konsentrasi pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan. Fitur ini membuat perhatian pengemudi teralihkan ke game tersebut.



Sebelumnya diketahui, game tersebut hanya diperuntukkan bagi penumpang dan diperlukan konfirmasi untuk memulai permainan. Namun NHTSA mendapat laporan kalau fitur Passenger Play juga bisa dimainkan oleh pengemudi.

Pedoman yang diterbitkan oleh NHSTA pada tahun 2013 merekomendasikan agar perangkat di dalam kendaraan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat digunakan oleh pengemudi.

Bulan lalu, pemilik Tesla Vince Patton dari Oregon melihat video di YouTube yang menyoroti bagaimana Passenger Play dapat digunakan oleh pengemudi.



Setelah mengujinya di tempat parkir dan menemukan bahwa dia memang bisa memainkan beberapa game saat mengemudi, dia mengajukan keluhan kepada NHTSA, menggambarkan fitur tersebut sebagai kelalaian.

Awal bulan ini, Mercedes-Benz mengeluarkan penarikan untuk masalah yang disebabkan oleh kesalahan konfigurasi komputer yang memungkinkan pengemudi menjelajahi internet atau menonton televisi saat mobil sedang bergerak.

Sebelumnya NHTSA melaporkan bahwa 3.142 kematian di jalan di Amerika Serikat pada 2019 disebabkan oleh pengemudi yang konsentrasinya terganggu.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)