Ini Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak!

Jum'at, 24 Desember 2021 - 20:22 WIB
loading...
Ini Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak!
Penyebab motor brebet, salah satunya karena busi sudah rusak dan harus diganti. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penyebab motor brebet dan cara mengatasinya perlu diketahui pemilik sepeda motor biar tidak panik ketika menemukan masalah ini. Biasanya, ini terjadi kalau sepeda motor sudah lama tidak di service sehingga beberapa komponen yang berkaitan dengan pembakaran mesin tidak berfungsi maksimal.

Motor brebet biasanya dirasakan ketika motor digas dan tarikannya tersendat. Tentunya ini berbahaya ketika Anda sedang berada di jalan raya dan kondisi lalu lintas cukup ramai.

Pada kondisi parah, motor akan mengeluarkan bunyi keras dari arah knalpot yang biasa disebut nembak. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini akan merembet ke komponen lain dan bisa membuat biaya perbaikan jadi membengkak.



Sebelum kondisi ini menimpa sepeda motor kesayangan Anda, ada baiknya kenali dulu penyebab motor brebet berikut ini yang dikutip dari halaman Suzuki dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Busi Rusak

Salah satu penyebab motor brebet biasanya karena faktor pengapian di ruang mesin yang tidak sempurna. Ini terjadi ketika busi tidak bisa mengantarkan pengapian ke ruang mesin akibat kotor atau mulai renggang.

Secara kasat mata, busi yang sudah tidak layak akan berwarna kecoklatan atau kehitaman di bagian kepala busi. Jika sekadar kotor Anda bisa membersihkannya dengan amplas halus dan memasangnya kembali. Namun jika ternyata distarter masih tidak mau menyala, artinya busi sudah mati dan harus diganti.

2. Filter Bahan Bakar Kotor

Motor brebet juga bisa disebabkan dari filter bahan bakar yang tidak berfungsi sempurna. Biasanya filter bensin yang kotor tidak akan sempurna menyemprotkan bahan bakar ke ruang mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)