Yuk Ketahui Penyebab Mesin Motor Ngadat dan Sulit Dihidupkan

Senin, 20 September 2021 - 16:06 WIB
loading...
Yuk Ketahui Penyebab Mesin Motor Ngadat dan Sulit Dihidupkan
Adakalanya ketika sedang berkendara suara mesin sepeda motor berebet dan tidak ada tenaganya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Adakalanya ketika sedang berkendara suara mesin sepeda motor berebet dan tidak ada tenaganya. Bahkan ketika dikendarai, tiba-tiba mesin motor mati dan sulit dihidupkan kembali.

Jika kondisi sepeda motor Anda seperti ini, biasanya terjadi masalah pada sistem pengapian yang disebabkan beberapa faktor, mulai keran bensin tersumbat hingga busi bermasalah.

Berikut penyebab mesin motor Anda berebet yang dikutip dari halaman resmi Yamaha:

1. Keran Bensin Tertutup

Ini merupakan komponen untuk menyalurkan bensin ke bagian mesin. Ketika mesin mati, keran ini akan tertutup secara otomatis. Namun berbeda kasus jika Anda langsung menggunakan tenaga motor secara maksimal pada saat mesin baru saja dinyalakan, bisa saja keran bensin masih tertutup.



2. Pompa bensin lemah

Permasalahan selanjutnya yang biasa ditemukan yaitu pompa bensin yang lemah. Dampaknya ketika fuel pump dalam kondisi yang terlalu lemah maka tekanan bensin yang memancar juga tidak akan banyak dan muncul gejela brebet.

3. Mesin Terlalu Panas

Mesin yang overheat juga dapat menyebabkan motor menjadi brebet , bahkan mogok dan sulit untuk dihidupkan. Pasalnya mesin yang panas dapat menyebabkan performa mesin menurun. Berhenti sementara untuk menurunkan suhu mesin adalah keputusan yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)