4 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Ekstrem

Rabu, 29 Desember 2021 - 23:31 WIB
loading...
4 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Ekstrem
Pemilik mobil harus ekstra waspada di musim hujan ekstrem untuk tetap merawat dan membersihkan kendaraan mereka. Foto: dok Autoglaze
A A A
JAKARTA - Musim hujan intens di penghujung 2021 membuat para pemilik mobil harus lebih waspada. Terutama dalam merawat kendaraan.

”Tingginya kadar kelembaban dan kandungan zat asam air hujan yang menempel pada bagian mobil bisa merusak cat mobil dan menyebabkan karat,” ujar Stephen Setyadi, Marketing Manager Autoglaze.

BACA JUGA: Naik 56 Persen, Transaksi Harbolnas 2021 Tembus Rp18,1 Triliun

Menurut Stephen, tidak hanya bisa merusak penampilan, air hujan yang masuk ke komponen mesin juga bisa mengganggu kinerja. Karena itu, Stephen mengimbau para pemilik kendaraan roda empat agar lebih memperhatikan penampilan dan kondisi mesin mobil saat cuaca ekstrem.

Bagi pengguna yang tidak sempat membersihkan mobilnya sendiri, tidak ada salahnya membawa ke salon mobil agar lebih praktis. ”Di Autoglaze ada opsi cuci mobil, auto detailing, dan paint protection. Kami juga menyediakan opsi pembayaran praktis dan promo cashback 30% dari ShopeePay,” beber Stephen. ”Ada juga layanan perawatan mobil lainnya seperti AC Cleaning, Drywash, hingga Ozone,” tambahnya.

Nah, berikut tips merawat mobil di musim hujan ekstrem menurut Autoglaze:

1. Bersihkan komponen mesin
4 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Ekstrem

Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin melalui celah kap mobil. Padahal, komponen mesin adalah salah satu bagian krusial yang menentukan performa mobil.

Pastikan bahwa tidak ada satu pun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan.

2. Kondisi wiper dan permukaan kaca
Wiper mobil memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan berkendara di tengah hujan. Pengguna juga bisa memakai layanan Window Coating atau pemberian lapisan coating pada kaca mobil sebagai alternatif proteksi yang lebih optimal. Layanan ini akan melapisi permukaan kaca dengan partikel nano yang membuat air sulit menempel.

3. Jangan menunda cuci mobil
Jangan malas mencuci mobil di musim hujan karena takut merasa sia-sia akan menjadi kotor lagi akibat terguyur hujan atau terciprat genangan air. ”Jangan biarkan air hujan mengering dengan sendirinya di bodi dan kaca mobil untuk menghindari risiko menempelnya water spot atau bercak jamur,” ujarnya.

4. Perawatan khusus Mobil
Mobil yang sering terkena hujan tanpa diberi perawatan khusus lambat laun akan mengalami kerusakan pada permukaan cat mobil. Sentuhan seperti coating bisa meningkatkan efek kilap atau glossy pada bodi mobil.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1080 seconds (10.55#12.26)