Gara-gara Iklan Mata Sipit, Masyarakat China Ngamuk ke Mercedes

Jum'at, 31 Desember 2021 - 08:00 WIB
loading...
Gara-gara Iklan Mata Sipit, Masyarakat China Ngamuk ke Mercedes
Mercedes-Benz China langsung mencopot iklan mereka setelah dikritik karena eksploitasi stereotipe masyarakat China. Foto/IST
A A A
CHINA - Masyarakat China ngamuk ke Mercedes-Benz karena iklan yang mereka buat, di akun resmi Mercedes-Benz Weibo, seolah-olah mengeksploitasi mata sipit. Akibat kegaduhan itu mereka langsung mencopot iklan kontroversial tersebut.

Keributan bermula ketika Mercedes-Benz mengunggah iklan terbaru mereka di akun resmi Mercedes-Benz yang ada di sosial media terbesar di China, Weibo. Iklan itu memperlihatkan beberapa mobil buatan Mercedes-Benz serta seorang model bernama Cai Niang Niang.

Hanya saja beberapa saat setelah beredar, iklan itu langsung menuai kecaman. Jutaan pengguna Weibo merasa tersinggung karena menganggap Mercedes-Benz seolah-olah mengekspoitasi model itu dengan membuat matanya seolah-olah menjadi lebih sipit.

Baca juga : DAMD Bikin Mobil Imut Suzuki Berwajah Land Rover Defender

Gara-gara Iklan Mata Sipit, Masyarakat China Ngamuk ke Mercedes


"Riasan model wanita tampak seperti mata sipit. Banyak yang menyalahkan bahwa riasan tersebut mencerminkan stereotip Barat tentang orang Asia," tulis media berpengaruh China, Global Times.

Akibat kontroversi itu Mercedes-Benz langsung mencopot iklan itu dari sosial media Weibo. Hanya saja perwakilan Mercedes-Benz di China, Martin Sauber dan Juan Zhou belum memberikan pernyataan resmi mengenai kontroversi itu.

Kontroversi mata sipit memang jadi hal yang sensitif buat masyarakat di China. Pasalnya bukan sekali itu saja mereka panas karena iklan yang terasa mengekspose keadaan mata model iklan.

Baca juga : Cermati, Ini Cara Anda Dapatkan Microsoft Office Orisinal Gratis

Sebelumnya mereka pernah marah besar ketika iklan makanan ringan Three Squirrels menampilkan model wanita Cai Niang Niang yang terlihat memiliki mata sangat sipit. Saat itu mereka bahkan merundung model itu karena setuju untuk didandani seperti itu.

Dilaporkan South China Morning Post, Cai Niang Niang balik membalas hujatan itu dengan mengaku telah mendapatkan perundungan virtual. Dia mengatakan sejak lahir matanya memang sudah sangat kecil. Jadi tidak ada niatan untuk mengekspose keadaan matanya itu. "Dengan mata yang sudah sangat kecil seperti ini apakah saya bukan orang China," tulis Cai Niang Niang di Weibo.

Seperti Mercedes-Benz, Three Squirrels juga langsung mencopot iklan itu dari Weibo dan peredaran lainnya.
(wsb)
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2460 seconds (11.210#12.26)