Ini Langkah Mudah Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Jum'at, 31 Desember 2021 - 10:01 WIB
loading...
Ini Langkah Mudah Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic
Cara menghaluskan suara mesin motor matic sangat mudah dilakukan melalui perawatan rutin. Foto/DOK. Wahana.
A A A
JAKARTA - Cara menghaluskan suara mesin motor matic sebenarnya sangat simpel atau mudah. Seperti semua kendaraan yang ada, baik roda dua dan roda empat, suara yang dihasilkan merupakan salah satu cara mendeteksi kondisi kendaraan.

Nah, mesin motor matic yang tidak lagi halus merupakan salah satu tanda bahwa kendaraan itu memerlukan perawatan yang baik dan benar. Mesin motor matic yang terdengar kasar memang bisa diperbaiki jika rajin melakukan perawatan rutin.

Pasalnya setiap komponen yang ada di motor matic akan kembali diperbaiki atau direkondasi agar kembali ke kondisi prima. Penggantian pelumas juga selalu dilakukan apabila menjalani perawatan rutin .



Saat perawatan rutin dilakukan umumnya teknisi akan mengetahui sumber utama yang membuat suara mesin motor matic tidak lagi halus. Penyebab itu yang perlu Anda ketahui.

Berikut ini beberapa penyebab yang SINDONEWScom rangkum sebagai penyebab mesin motor matic tidak lagi halus:

1. Gas berlebihan

Penyebab pertama adalah karena terlalu sering digas secara berlebihan. Gas yang berlebihan bisa membuat mesin menghasilkan bunyi yang kasar. Untuk menghaluskan suara mesin motor matic, sebaiknya Anda tidak melaju dengan kencang atau menggunakan gas sevara berlebihan, terutama setelah motor berada dalam kondisi diam.

2. Roller

Penyebab selanjutnya yang membuat suara mesin motor matic tidak enak didengar adalah kondisi roller yang sudah peyang atau sudah tidak berbentuk seperti semula. Roller biasanya berbentuk bulat, namun jika hancur bisa samoai tidak berbentuk lagi. Jika roller rusak, tidak hanya suara yang buruk tetapi performa mesin juga jadi berkurang. Maka perawatan dan pengecekan rutin juga sangat penting untuk lakukan.

3. Plastik Slider Menutupi Rumah Roller

Bukan hanya karena roller yang bermasalah hingga timbul suara berisik di bagian CVT, tetapi ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus. Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras dan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil.

4. Sabuk V-belt

Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atay crankcase sering tergesek belt. Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

5. Gearbox

Penyebab kelima yang bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada motor matic yaitu kondisi gearbox yang sudah aus. Hal ini menyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0786 seconds (0.1#10.140)