Ciri-Ciri Charger Aki Sudah Penuh Saat Diisi, Segera Cabut!

Rabu, 05 Januari 2022 - 23:10 WIB
loading...
Ciri-Ciri Charger Aki Sudah Penuh Saat Diisi, Segera Cabut!
Ciri-ciri charger aki penuh saat diisi bisa dilihat dari sejumlah indikator. Foto: dok Toyota Astra Motor
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri charger aki mobil penuh saat diisi sangat mudah diketahui. Ini penting diketahui agar pengguna mobil tidak membuang-buang energi.

Aki pada mobil secara umum menjadi tempat untuk menyimpan energi. Saat mesin mobil mati, aki yang akan berperan sebagai penyedia energi listrik yang paling utama.

Energi listrik yang tersimpan ini juga akan sangat berguna untuk proses starter mobil. Jika daya yang disimpan tidak ada, maka tentu mobil tidak akan bisa dihidupkan.



Ketika mobil menyala maka dinamo ampere lah yang akan menggantikan tugas dari aki. Komponen ini juga akan menghasilkan energi listrik yang disimpan ke dalam aki.

Namun ada beberapa hal yang menyebabkan energi yang tersimpan tidak maksimal. Sehingga proses pengisian tambahan akan diperlukan.

Tanda yang paling umum adalah dimana adanya lampu peringatan pada dasbor yang menyala. Bisa juga ketika lampu redup, jendela sulit diturunkan, dan berbagai komponen kelistrikan lainnya yang tidak berfungsi secara sempurna.



Nah, jika sudah mengisi daya dari aki, kita harus tahu apakah sudah penuh atau belum. Ada beberapa tanda yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi ini seperti di lansir laman Auto 2000. Berikut ciri-ciri charger aki penuh:

1. Charger berhenti mengisi
Alat charger modern sudah tersedia fitur dimana charger akan berhenti dengan sendirinya jika aki sudah penuh. Sensor akan bisa mendeteksi apakah daya yang sudah di cas penuh atau tidak. Sehingga Anda tidak perlu repot mematikannya secara manual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)