Ternyata Ini Alasan Mobil Klasik Harganya Gelap

Rabu, 05 Januari 2022 - 22:05 WIB
loading...
Ternyata Ini Alasan Mobil Klasik Harganya Gelap
Para penggemar mobil klasik menganggap kendaraan jadul memiliki nilai koleksi yang tinggi. Tak heran jika harganya bisa fantastis. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Peminat mobil klasik belakangan kian tinggi. Tidak hanya itu, harga sejumlah mobil klasik di pasar mobil seken cenderung “gelap”. Artinya, tidak ada standar harga tertentu.

Para penggemar mobil klasik menganggap kendaraan jadul memiliki nilai koleksi yang tinggi. Tak heran jika harganya bisa fantastis. Bahkan, jadi investasi jangka panjang karena harganya tidak pernah turun. Bahkan dengan kondisi yang kurang terawat sekalipun.



Ada beberapa alasan mengapa mobil klasik masih sangat diminati dan memiliki harga cukup tinggi. Jika Anda penasaran dan berencana mulai membangun mobil klasik, perhatikan hal-hal yang membuat harga mobil klasik ”gelap” di pasaran:

1. Nilai Historis
Ternyata Ini Alasan Mobil Klasik Harganya Gelap

Alasan utama mengapa mobil klasik banyak diburu adalah nilai sejarah yang lekat pada sebuah mobil. Jika mobil itu pernah digunakan sebagai kendaraan operasional menteri di masa lampau atau pernah digunakan oleh tokoh tertentu maka nilainya akan meroket.

Seperti Toyota Land Cruiser FJ40 yang populer lantaran ketangguhannya dan sempat digunakan sebagai kendaraan operasional sipil dan militer Indonesia.

Maka nilai histori atau nostalgia yang dirasakan pemiliknya seolah tidak ternilai. Tak heran jika mereka bersedia membayar mahal hanya karena memiliki histori dan nostalgia masa lalu.

2. Modelnya Jarang Ada
Ternyata Ini Alasan Mobil Klasik Harganya Gelap

Alasan selanjutnya adalah jika mobil tersebut datang dari pabrikan atau model yang jarang untuk ditemui di zaman sekarang. Misalnya pabrikan seperti Dodge, FIAT atau Chrysler, tentu memiliki nilai prestis tertentu lantaran cukup langka di Indonesia.

Selain itu, bisa juga lantaran mobil tersebut memiliki model langka, seperti model coupe atau station wagon. Kedua model tersebut sedang diminati di Indonesia.

Sehingga, menjadi kebanggaan tersendiri jika berhasil memiliki dan merawat mobil langka tersebut. Dan akan mudah menarik perhatian orang. Hal ini bisa berpengaruh pada harga jual yang semakin membumbung tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5612 seconds (0.1#10.140)