Bak Motor Balap, Mobil Listrik Hummer EV Bisa Lakukan Wheelie

Rabu, 12 Januari 2022 - 11:16 WIB
loading...
Bak Motor Balap, Mobil Listrik Hummer EV Bisa Lakukan Wheelie
Torsi yang melimpah hingga 1.085 Nm membuat Hummer EV bisa melakukan wheelie layaknya motor balap. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Truk dan SUV listrik buatan GMC, Hummer EV ternyata bisa melakukan wheelie seperti yang dilakukan pembalap motor. Kemampuan itu diungkap oleh Chief Engineer GMC, Al Oppenheiser kepada The Drive baru-baru ini.

Al Oppenheiser mengatakan saat pertama kali mengembangkan mobil listrik Hummer EV mereka menemukan banyak hal menarik. Salah satunya adalah kemampuan mobil yang bisa melakukan wheelie.

Hal itu mereka temukan ketika berupaya menyelaraskan torsi yang ada di mobil listrik itu di roda depan dan roda belakang. Maklum torsi yang dimiliki oleh Hummer EV memang sangat melimpah yakni 1.085 Nm.

"Saat dicoba berkali-kali, ban depan mobil langsung naik karena torsi yang besar. Jadi mobil ini memang bisa melakukan wheelie," ujarnya.



Bak Motor Balap, Mobil Listrik Hummer EV Bisa Lakukan Wheelie


Hanya saja saat itu Al Oppenheiser melihat bahwa potensi itu sepertinya akan membahayakan pemilik Hummer EV.Pasalnya tidak semua pengguna mobil buatan mereka itu memiliki kemampuan mengendarai mobil yang mumpuni. Mereka khawatir alih-alih wheelie, Hummer EV yang dibawa malah terbalik.

Alhasil mereka memutuskan untuk meniadakan kemampuan itu. Caranya dengan membuat sistem yang bisa membagi torsi lebih banyak ke ban belakang ketimbang ban depan.

Namun Al Oppenheiser sedikit membuka peluang bahwa secara teoritis wheelie masih tetap bisa dilakukan. Hanya saja dia tidak mau membuka apa saja yang harus dilakukan agar kemampuan itu masih bisa dimanfaatkan bagi pengemudi yang nekat ingin mencoba.



Lebih lanjut Al Oppenheiser mengatakan kemampuan itu justru digantikan dengan kemampuan lain yang juga tak kalah istimewa. Mereka membuat mode berkendara bernama Watts to Freedom.

Mode berkendara itu memungkinkan pemilik mobil melakukan akselerasi dari 0 hingga 90 kilometer per jam dalam waktu 3 detik. Nah yang menarik saat mode itu diaktifkan, ke empat ban akan melakukan spin sehingga menimbulkan asap. Setelahnya mobil listrik itu baru melesat hingga 90 kilometer per jam.

Diketahui saat ini produksi truk dan SUV listrik Hummer EV memang masih terus berjalan. Rencananya pertengahan tahun ini Hummer EV Edition 1 yang hadir dalam jumlah terbatas akan segera dikirim ke konsumen. Model ini merupakan mobil yang pertama kali dibuat kepada pemesan yang rela mengeluarkan uang lebih ketimbang mereka yang masih harus mengantre lama.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3242 seconds (0.1#10.140)