Hati-hati BBM Oplosan, Ini Efek Buruknya Terhadap Mesin Kendaraan

Sabtu, 15 Januari 2022 - 23:01 WIB
loading...
Hati-hati BBM Oplosan, Ini Efek Buruknya Terhadap Mesin Kendaraan
Mulai sekarang jangan sembarangan membeli BBM di pinggir jalan yang dijajakan pedagang kaki lima. Foto: dok/Okezone
A A A
JAKARTA - Mulai sekarang jangan sembarangan membeli BBM di pinggir jalan yang dijajakan pedagang kaki lima. Pasalnya ada beberapa pedagang curang yang mengoplos BBM tersebut dengan zat yang bisa merusak mesin kendaraan Anda.

Keberadaan pedagang bensin eceran pinggir jalan memang membantu ketika Anda kehabisan BBM di jalan. Namun saat ini banyak pedagang bensin di pinggir jalan berbuat curang dengan mengoplos BBM.



Jika BBM oplosan ini sering dikonsumsi oleh kendaraan Anda, siap-siap mengeluarkan uang cukup besar untuk perbaikan. Sebab tak hanya membuat suara mesin menggelitik, BBM oplosan juga bisa membuat kendaraan Anda turun mesin.



Berikut dampak BBM oplosan yang dolah MNC Portal dari berbagai sumber:

1. Mesin Mengelitik

Efek buruk pertama yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan bensin oploasan yakni mesin menjadi knocking. Hal itu disebabkan karena pembakaran mesin yang tidak sempurna.

Akibat pembakaran tersebut membuat suara mesin ngelitik. Suara satu yang ditimbulkan ini pastinya sangat menggangu kenyamanan Anda dalam berkendara.



2. Performa Mesin Menurun

Efek yang kedua yang dialami yakni performa mesin menjadi menurun. Hal itu disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang tidak berkualitas dan berpotensi dioplos . Jika kerusakan ini dibiarkan lambat laut mesin akan semakin menurun performannya hingga rusak berat.

3. Kendaraan Mati Mendadak

Efek buruk yang ketiga yakni kendaraan tiba-tiba menjadi mati mendadak. Umumnya kondisi seperti ini terjadi karena adanya penumpukan residu pada saluran bahan bakar.

Jika ini dibiarkan maka kotoran tertumpuk dan bensin tidak bisa tersalurkan dengan baik pada mesin sehingga mesin menjadi mati. Segeralah bawa kendaraan ke bengkel resmi atau terpecaya untuk dikuras.

4. Fuel Pump Rusak

Fuel pump alias pompa bensin berfungsi untuk mempompa bahan bakar untuk disalurkan ke ruang pembakaran mesin. Perlu Anda ketahui bahwa pompa bensin akan berpotensi cepat rusak akibat pemakaian BBM oplosan. Jika komponen ini rusak maka mobil bisa mogok dan sulit dinyalakan kembali.



5. Turun Mesin

Efek terburuk karena seringnya menggunakan bensin oplosan adalah turun mesin. Pembakaran yang tidak berkualitas yang diproses terus menerus akan merusak komponen internal mesin seperti piston lecet, blok mesin lecet dll.

Jika kendaran sudah turun mesin maka Anda harus menyiapkan biaya sangat besar. Sebab perbaikannya tidak haya menunggu waktu 1-2 jam melainkan butuh waktu sekitar 2 hari karena mengharuskan untuk turun mesin dan mengganti komponen.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2895 seconds (0.1#10.140)