Tips Perawatan Power Window Mobil Agar Tetap Awet

Senin, 17 Januari 2022 - 08:05 WIB
loading...
Tips Perawatan Power Window Mobil Agar Tetap Awet
Power window memudahkan membuka jendela mobil, dan harus dirawat agar awet. Foto: dok Suzuki
A A A
JAKARTA - Power window memudahkan penumpang dan pengendara membuka kaca mobil. Caranya, dengan menggabungkan teknologi mekanik dan elektronik yang menciptakan energi untuk menggerakkan kaca jendela hanya dengan menekan satu tombol.

Terlepas dari fungsinya untuk memudahkan membuka kaca, namun penggunaan power window perlu perawatan. Biaya perawatan power window tentu jauh lebih “murah” bila dibandingkan mengganti komponennya karena sudah rusak.



Nah, dilansir dari Suzuki, berikut cara merawat power window mobil Anda agar tidak mudah rusak:

1.Jangan Dipaksa
Membuka dan menutup kaca jendela mobil, sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Apabila terlalu sering dibuka dan ditutup, maka kemungkinan power window juga akan cepat rusak.

2. Bersihkan kaca jendela
Membersihkan kaca jendela mobil akan membantu menghilangkan kotoran atau debu yang bisa masuk ke dalam rangkaian power window. Kotoran yang masuk ke dalam rangkaian, bisa mengganggu kerja sistem ini.

3. Pemeriksaan berkala ke bengkel
Melakukan pemeriksaan secara berkala ke bengkel resmi Suzuki juga perlu dilakukan agar power window tetap normal. Petugas mekanik akan segera mengetahui apabila ada kerusakan, sehingga tidak timbul kerusakan berat.

4. Periksa karet kaca mobil
Karet pada kaca jendela juga perlu diperiksa secara berkala. Karet yang sudah lama, biasanya akan keras dan bisa pecah akhirnya bisa masuk ke dalam sistem power window. Hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem.

5. Gunakan Berkala
Membiarkan power window tidak difungsikan dalam waktu lama, bisa berakibat kerusakan pada sistem tersebut. Kemungkinan berkarat pada komponen-komponennya. Oleh karena itu, sebaiknya alat ini tetap digunakan.

Setelah mengetahui apa itu power window hingga cara perawatannya, jangan lupa untuk melakukan perawatan tersebut dengan baik. Jika ada kerusakan, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3583 seconds (0.1#10.140)