Dapat Bintang 4 Tes Kecelakaan, KIA Seltos Ringsek Usai Tabrak Anak Kerbau

Selasa, 18 Januari 2022 - 12:04 WIB
loading...
Dapat Bintang 4 Tes Kecelakaan, KIA Seltos Ringsek Usai Tabrak Anak Kerbau
KIA Seltos ringsek usai menabrak anak kerbau di India. Akibat insiden ini sejumlah pemilik KIA Seltos mempertanyakan rating keselamatan mobil tersebut. Foto/Carbuzz
A A A
NEW DELHI - KIA Seltos yang mendapat bintang 4 dari organisasi keselamatan lalu lintas Amerika (NHSTA) dan Euro NCAP tak berkutik ketika menabrak seekor anak kerbau di India. Mobil tersebut ringsek dan baru bisa beroperasi kembali setelah mendapat perbaikan selama tiga bulan di bengkel.

Dikutip dari Carbuzz, Selasa (18/1/2022), tes yang dilakukan sejumlah organisasi keselamatan terhadap mobil ternyata bisa sangat berbeda hasilnya di dunia nyata. Seperti yang baru-baru ini terjadi di India, KIA Seltos yang dikemudikan seorang pria ringsek setelah menabrak anak kerbau di jalan.



Dilaporkan Swift Headline, seorang pengendara KIA Seltos mengalami kecelakaan saat berkendara dengan kecepatan 90 kilometer di jalan. Tiba-tiba saja, seekor anak kerbau melintas dan membuatnya tak bisa menghindar.

Tampaknya crossover Korea yang paling parah dari tabrakan itu, dengan kedua airbag depan mengembang. Bumper depan yang retak, lampu depan yang rusak, dan kap mesin yang kusut menunjukkan di mana kerbau besar seberat 300 kilogram menabrak kendaraan.



Terlepas dari insiden yang mengancam jiwa, pengemudi Seltos Dr. Stephen Sudhakar lolos tanpa cedera dalam insiden tersebut.

Namun Sudhakar memposting mobilnya yang ringsek tersebut di grup Facebook khusus pemilik KIA Seltos sehingga viral. Para pemilik KIA Seltos di Amerika dan sejumlah negara lain pun mulai mempertanyakan peringat keselamatan mobil tersebut.

Namun berdasarkan informasi, KIA Seltos yang ada di India ini memiliki spesifikasi berbeda dari yang dipasarkan di Amerika dengan nama SP2. Derivatif SP2 Amerika mendapatkan peringkat bintang empat dari NHTSA.



Jumlah airbag KIA Seltos di AS juga melampaui turunan spesifikasi India, dengan semua model menerima dual front, dual seat-mounted front seat, dan full-length side curtain airbags.

Sedangkan di Australia sendiri, crossover Korea ini mendapat peringkat keamanan bintang lima dari ANCAP Australia. Sedangkan dalam pengujian Euro NCAP, crossover yang diberi nama SP2i ini menerima peringkat bintang tiga yang lumayan.

NCAP menguji kendaraan di trim dasarnya. Dalam hal ini, Seltos hanya dilengkapi dengan dua airbag, rem ABS, dan pre-tensioner sabuk pengaman depan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3547 seconds (0.1#10.140)