Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia

Senin, 24 Januari 2022 - 12:00 WIB
loading...
Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia
Top Gear Inggris pernah mencoba langsung Paramount Marauder buatan Afrika Selatan di jalanan umum. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Beberapa produsen mobil di beberapa negara, pernah membuat mobil spek militer yang ternyata bisa dibeli masyarakat umum. Salah satunya buatan Indonesia.

Tentunya memiliki mobil spek militer jadi hal yang menarik. Pasalnya dari segi tongkrongan atau tampang, kendaraan khusus itu memang akan lebih mencolok. Jadi bagi Anda yang ingin tampil beda, mobil spek militer bisa saja dicoba.

Selain itu, mobil spek militer juga sangat tangguh dan siap bertarung di berbagai medan. Hal ini terjadi karena mobil itu dibuat secara khusus guna memenuhi kebutuhan militer. Jadi bukan semata-mata kebutuhan transportasi semata.

Baca juga : Panen Hujatan, Ini Klarifikasi Peserta Konvoi Mobil Mewah yang Ditindak Polisi

Nah menariknya di berbagai negara ternyata mobil-mobil jenis itu bisa dibeli oleh konsumen umum. Salah satunya bahkan dibuat di Indonesia. Nah, berikut ini di antaranya, yuk dicermati:

1. GAZ TIGR - Rusia
Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia


GAZ TIGR adalah kendaraan taktis yang dibuat oleh perusahaan mobil Rusia, GAZ yang berbasis di Nizhny Novgorod. GAZ TIGR dibuat atas permintaan khusus militer Rusia yang menginginkan kendaraan 4x4 yang tangguh.

GAZ sendiri sudah menyuplai GAZ TIGR ke militer Rusia sejak 2006. GAZ mengatakan mobil itu sangat tangguh karena sudah terbukti melewati berbagai kondisi ekstrem yang ada di Rusia.

GAZ sendiri berupaya melebarkan pasar dengan membuat GAZ TIGR untuk masyarakat umum. Mobil itu adalah GAZ TIGR 2330. Harganya sendiri dibanderol di USD110.000 atau mencapai Rp1,5 miliar.

2. Renault Sherpa - Prancis
Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia


Renault Sherpa adalah salah satu mobil militer yang sangat populer termasuk di Indonesia. Pasalnya beberapa orang kaya di Indonesia memiliki Renault Sherpa. Penampakannya bahkan pernah dihadirkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Renault Sherpa kerap kerap digunakan pasukan Persatuan Bangsa-Bangsa atau United Nation (UN). Mobil itu selalu menemani mereka di setiap wilayah konflik.

Masyarakat umum juga bisa memiliki mobil ini. Harganya diklaim mencapai USD272.000 atau setara Rp3,8 miliar.

3. Paramount Marauder - Afrika Selatan
Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia


Mobil ini jadi pembicaraan ketika dihadirkan di acara televisi otomotif Inggris, TopGear. Saat itu Richard Hammond mengendarai Paramount Marauder di jalan-jalan Johannesburg, Afrika Selatan.

Mobil spek militer itu diklaim merupakan yang tertangguh karena kuat dari serangan misil dan ranjau darat.

Mobil itu memang dijual juga untuk umum. Tentu saja dengan harga yang fantastis yakni USD485.000 atau mencapai Rp6,9 miliar.

4. Maung Pindad - Indonesia
Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia


PT Pindad membuat kendaraan taktis untuk kebutuhan militer bernama Maung Pindad . mereka memproduksi Maung dengan dua versi, yakni versi militer dan versi sipil. Kedua versi tersebut mempunyai sejumlah perbedaan yang paling utama, yaitu tak ada kelengkapan persenjataannya, selain itu juga perangkat GPS dan pelacak kendaraan.Baca juga : Butuh Motor tapi Dana Cekak, Ini 7 Motor Bekas Harga Rp3 Jutaan

Maung sendiri menggunakan basis mesin dari Toyota Hilux dengan kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC. Yang menarik versi umum Maung Pindad dijual di harga yang terjangkau untuk sebuah kendaraan spek militer yakni Rp600 juta hingga Rp700 juta.

5. Supacat LRV - Inggris
Bikin Gagah, 5 Mobil Militer yang Bisa Dibeli, Nomor 4 Buatan Indonesia


Supacat LRV merupakan mobil spek militer buatan Inggris untuk kegiatan ringan. Mobil ini memiliki dua varian penggerak roda yakni 4x4 dan 6x6. Aslinya mobil ini merupakan pengembangan dari Land Rover Discovery.

Jadi Supacat memang menyediakan versi mobil umum dari Supacat LRV. Harganya sendiri mencapai USD250.000 atau mencapai Rp3,5 miliar.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1189 seconds (10.177#12.26)