Ini Dampak BBM dengan RON 90, 92, 95, dan 98 Terhadap Mobil Anda

Rabu, 26 Januari 2022 - 21:34 WIB
loading...
Ini Dampak BBM dengan RON 90, 92, 95, dan 98 Terhadap Mobil Anda
Penggunaan BBM yang tepat untuk mobil dapat menjaga mesin kendaraan bekerja secara optimal, serta mempertahankan keawetan komponennya. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Memilih Bahan Bakar Minyak atau BBM jadi hal penting yang harus dilakukan. Terutama bagi kendaraan bermobil produksi terbaru.
Pasalnya, penggunaan BBM yang tepat untuk mobil dapat menjaga mesin kendaraan bekerja secara optimal, serta mempertahankan keawetan komponennya.

Sebaliknya, menggunakan BBM yang tidak sesuai kebutuhan dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna dan berpotensi meningkatkan emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Menurut Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan, penggunaan BBM yang sesuai research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin.



”Pemilihan bahan bakar yang baik untuk kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar kendaraan tetap berfungsi dengan optimal dan prima,” ujar Hariadi dalam keteragan tertulis, Rabu (26/01).

Maka dari itu, pengendara harus mengetahui bahwa menggunakan BBM dengan oktan tinggi atau sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Berikut beberapa jenis BBM yang sesuai untuk mesin mobil :

1. Bahan Bakar Oktan 90
Bensin yang memiliki kadar oktan RON 90 biasa Anda temukan pada BBM jenis pertalite. BBM ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari.

2. Bahan Bakar Oktan 92
BBM ini memiliki kualitas lebih baik ketimbang RON 90. Populer dengan sebutan Pertamax. Penggunaan BBM RON 92 membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

3. Bahan Bakar Oktan 95
BBM ketiga dengan RON 95, kerap digunakan pada mobil mewah. Hal ini karena mesin mobil premium memiliki rasio kompresi lebih tinggi. Umumnya unit mobil banyak menggunakan kompresi 11:1 hingga 12:1.
BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik serta dapat membuat pembakaran menjadi sempurna.

4. Bahan Bakar Oktan 98
Bahan bakar yang terakhir masuk dalam kelas terbaik. Pasalnya BBM ini telah dikembangkan dengan teknologi mutakhir serta memiliki oktan yang sangat tinggi yaitu RON 98.

Nilai angkat tersebut disesuaikan dengan kebutuhan mesin mobil performa tinggi yang menuntut pembakaran lebih sempurna. Umumnya digunakan pada konfigurasi mesin dengan kompresi tinggi mencapai 13:1.

”Apabila kurang memahami kebutuhan BBM, pengendara dapat membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan maupun berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman ketika sedang melakukan service rutin,” tutup Hariadi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)