Begini Ciri-Ciri Karet Wiper Kaca Mobil Harus Diganti

Sabtu, 29 Januari 2022 - 21:05 WIB
loading...
Begini Ciri-Ciri Karet Wiper Kaca Mobil Harus Diganti
Fungsi wiper mobil harus senantiasa di rawat dan diganti secara berkala. Jika tidak, maka akan timbul beberapa gangguan seperti suara berisik. Foto: Wuling
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan di awal tahun, wiper jadi bagian penting pada sebuah mobil. Perannya penting untuk menyapu kotoran yang menempel pada kaca depan.

Maka, fungsi wiper mobil harus senantiasa di rawat dan diganti secara berkala. Jika tidak, maka akan timbul beberapa gangguan seperti suara berisik hingga kaca depan yang lecet.

Itu disebabkan karena karet wiper yang sudah getas lalu dibiarkan begitu saja. Sehingga bisa timbul lecet pada kaca dan menganggu visibilitas pengemudi.



Lalu kapan waktu tepat untuk mengganti wiper mobil?

Cek Secara Berkala
Wiper kaca depan terbuat dari karet yang dapat terurai dan getas. Kinerja wiper akan berkurang dari waktu ke waktu. Maka, disarankan untuk mengganti karet wiper setidaknya setahun sekali atau setiap 6-12 bulan.

Biasakan meluangkan waktu untuk memeriksa kodisi wiper secara teratur dan mengetahui tanda-tanda apa yang harus diwaspadai saat mulai aus. Sinar UV, cuaca pancaroba di Indonesia, hingga perawatan kurang tepat bisa menyebabkan wiper rusak, retak dan bahkan robek lebih cepat dari perkiraan. Berikut ciri-ciri wiper harus diganti:

1. Streaking/Goresan
Lakukan pemeriksaan secara visual pada bilah karet wiper. Paparan sinar ultraviolet matahari, getah pohon atau bahkan aspal jalan dan pasir jalan dapat menyebabkan kerusakan pada karet. Sehingga timbul goresan pada setiap sapuan.

2. Skipping
Ini terjadi ketika bilah karet wiper sudah tidak menyapu kotoran dengan baik dan sudah aus. Dampaknya ada noda air di kaca depan yang mengakibatkan keruh dan gangguan jarak pandang.

3. Squeaking
Penyebabnya adalah karet blade wiper yang sudah lama dan usang serta mengeras. Dampaknya timbul suara berdecit pada saat wiper bekerja. Jika dibiarkan maka dapat mengores kaca depan mobil.

4. Splitting
Ini terjadi ketika karet wiper melompat, bergetar, dan bersuara melintasi kaca depan. Penyebabnya karena perubahan suhu panas dan dingin dari waktu ke waktu atau dalam jangka waktu lama ketika wiper tidak digunakan maka timbulnya goresan terpisah. Hindari menggunakan cairan pembersih, sabun cuci piring di reservoir washer kaca depan Anda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)