Bukan Cuma Pemanis, ini Fungsi Dashcam di Mobil

Senin, 31 Januari 2022 - 19:01 WIB
loading...
Bukan Cuma Pemanis, ini Fungsi Dashcam di Mobil
Ada berbagai jenis dan model dashcam, masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Penggunaan kamera di dasbor atau dash camera (dashcam) mobil bukan hanya sebagai pajangan, tapi juga memiliki banyak fungsi penting.

Peranti yang satu ini memang punya fungsi vital sebagai fitur tambahan keamanan saat berkendara. Rekaman dari dashcam bisa jadi bukti untuk menentukan siapa yang benar dan salah atas sebuah insiden dan digunakan sebagai alat bukti di kepolisian.



Melansir laman resmi Mitsubishi, Senin (31/1/2022), khusus di mobil, peranti dashcam ini menggunakan listrik dari colokan lighter yang menghasilkan daya 12V. Jadi selama mesin mobil menyala, maka dashcam ini akan terus merekam secara otomatis hingga mobil berhenti dan mesin dimatikan.

Ada berbagai jenis dan model dashcam, masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda.

Biasanya dashcam di tempatkan di bagian depan mobil, tapi jika ingin lebih aman dapat menggunakan yang dua channel, menghadap depan dan belakang. Sehingga bisa merekam kejadian baik di depan mobil dan juga di belakang mobil secara bersamaan.

Sementara, dashcam interior berfungsi sebagai pemantau kegiatan di dalam kabin. Biasanya digunakan oleh orang yang memakai sopir pribadi. Jadi bisa mengetahui kegiatan saat sopir sedang mengemudi, misalnya mengantar anak sekolah, cara mengemudi si sopir, penyalahgunaan mobil, dan lain-lain.

Apabila dipasang pada bagian depan, sebaiknya kamera dashboard ini dipasang di belakang kaca spion tengah mobil. Dengan begitu, kamera bisa menangkap semua obyek dengan presisi antara sisi kanan dan kiri.

Peletakan yang tepat sangat penting karena pada umumnya perangkat ini mampu mengambil gambar hingga ke sudut selebar 150 derajat. Jangan lupa untuk menyembunyikan kabel chargernya ke bagian dalam dashboard mobil, agar tidak mengganggu pandangan pengemudi.

Selain fungsinya yang dapat menjadi alat bukti atas sebuah insiden atau peristiwa di jalan raya, misalnya terjadi kecelakaan atau musibah, dashcam ini juga bisa membuat pengendara terhindar dari pemerasan.

Biasanya saat terjadi kecelakaan tentu akan ada yang saling menyalahkan, dan rekaman dashcam ini bia menjadi bukti Anda ketika harus berhadapan dengan pihak yang berwajib.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)