Cara Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku, Simak Trik Ini!

Senin, 07 Februari 2022 - 20:10 WIB
loading...
Cara Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku, Simak Trik Ini!
Cara jual mobil bekas agar cepat laku tentu saja ada trik yang harus dilakukan. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Cara jual mobil bekas agar cepat laku tentu saja ada trik yang harus dilakukan. Jadi tidak sekedar pasang harga bersaing, Anda juga harus menguasai teknik marketing lainnya.

Tentu saja ketika menjual mobil bekas, Anda ingin menjualnya dengan cepat dan dengan harga yang tepat. Sebagai penjual Anda harus menetapkan harga mobil bekas anda sesuai dengan kondisi dan harga pasaran.

Untuk menjual mobil agar cepat laku, Anda harus memberi banyak informasi kepada pembeli terkait sejarah kendaraan maupun kondisinya. Ini agar pembeli mobil merasa aman dan percaya diri membeli mobil bekas.

Berikut 10 cara menjual mobil bekas agar cepat laku dilansir dari laman resmi Daihatsu:

1. Jual Ditempat yang Tepat

BACA:
Begini Cara Agar Harga Juakl Mobil Kembali Mobil Tetap Tinggi di Masa PPKM

Anda dapat mengoptimalkan penjualanan mobil anda melalui situs jual mobil bekas. Pilihlah yang paling aman dan nyaman untuk melakukan transaksi, perhatikan juga trafik jumlah pengunjung yang berburu mobil bekas di situs online tersebut.

2. Cek Kondisi Mobil Anda

Sebelum menjual mobil , ada baiknya memeriksa semua kondisi. Hal ini untuk mencegah kerusakan atau malfungsi. Cek kondisi mesin, cat mobil, tenaga kendaraan, kaca, dan sebagainya.

Jika sesuatu perlu diperbarui atau diubah, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu. Hal ini membuat calon pembeli lebih puas dan tidak perlu mengubahnya. Mereka juga tidak akan mengeluh jika mobilnya rusak setelah dibeli.

3. Cek Harga di Pasaran

Jelas bahwa penjual harus menetapkan harga mobil yang ingin dijualnya. Anda dapat menggunakan situs penjualan mobil, majalah, koran sebagai patokan penetapan harga mobil berdasarkan model atau type mobil yang anda jual. Mengecek harga mobil di pasaran sangat penting agar Anda tidak mematok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

4. Bersihkan Mobil Secara Keseluruhan

Penting untuk mencuci mobil sebelum menjualnya. Membersihkan mobil secara menyeluruh menandakan bahwa mobil Anda dirawat dengan baik.

Penjual juga harus mempertimbangkan kebersihan secara ekstra di area tertentu. Misalnya, menyemir roda dan mengelap interior kendaraan agar tampil lebih bagus ketika difoto.



5. Upload Foto Terbaik

Direkomendasikan untuk mengambil banyak foto berkualitas tinggi dari berbagai sudut termasuk interior dan eksterior mobil.

Selain itu, perhatikan pencahayaan agar hasil toto maksimal. Hindari mengambil foto dengan pencahayaan yang buruk dan memotret yang tidak menunjukkan keseluruhan kendaraan.

6. Jelaskan Secara Lengkap Kondisi Mobil

Soal kondisi mobil , penjual harus jujur kepada pembeli, berikanlah informasi terkait riwayat perawatan dan asuransi jika masih berlaku.

Dengan pelayanan yang baik dan informasi yang jelas akan menimbulkan kepercayaan dari calon pembeli bahwa Anda orang yang jujur, dan dia akan semakin tertarik dengan mobil yang Anda tawarkan.

7. Dokumen Juga Harus Lengkap

Tunjukkan surat-surat atau dokumen mobil yang asli kepada calon pembeli. Selain itu, lakukan juga pengecekan bersama-sama dengan calon pembeli terkait nomor mesin dan nomor rangka di bagian bodi mobil. Bila surat lengkap maka penjual semakin nyaman untuk membeli mobil.

8. Berikan Transaksi Pembayaran yang Nyaman

Setelah pembeli puas dengan mobil bekas yang anda tawarkan dan setuju untuk membelinya, Anda tinggal mengatur cara pembayaran yang aman bagi kedua belah pihak. Untuk transaksi dalam jumlah besar, Anda harus melakukan ini di bank, menyetor tunai atau mentransfer uang.

Jangan lupa untuk sertakan bukti transaksi, seperti kuitansi di atas materai, sebagai bukti keabsahan proses penjualan mobil bekas. Hal ini juga berguna untuk menghindari kesalahan atau hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.



9. Lakukan Pengecekan dan Tes Drive Mobil

Anda harus menyiapkan test drive untuk orang yang tertarik dengan mobil yang anda ingin jual. Setelah menyaring calon pembeli Anda, siapkan lokasi test drive di lokasi yang aman dan nyaman.

10. Lakukan sendiri

Jangan jual mobil anda melalui perantara, lebih baik Anda sendiri yang jual. Berikan nomormu langsung saat menjual mobil di situs online. Dengan demikian Anda tidak perlu memberikan pesangon kepada perantara.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)