Amerika Larang Hyundai dan KIA Parkir di Garasi, Alasannya Bikin Khawatir

Rabu, 09 Februari 2022 - 16:07 WIB
loading...
Amerika Larang Hyundai dan KIA Parkir di Garasi, Alasannya Bikin Khawatir
NHSTA baru saja memerintahkan agar pemilik mobil Hyundai dan KIA model tertentu untuk parkir kendaraannya di luar ruangan. Foto/dok
A A A
WASHINGTON - Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHSTA) baru saja memerintahkan agar pemilik mobil Hyundai dan KIA tertentu untuk memarkir kendaraannya di luar ruangan.

Dengan aturan ini, berarti ada sekitar 485.000 kendaraan, termasuk Hyundai Tucson 2014-2015, Hyundai Santa Fe 2016-2018, Santa Fe Sport 2017-2018, Santa Fe XL 2019, Kia Sportage 2014-2016, dan Kia K900 2016-2018 yang akan terparkir di luar.

Dikutip dari Autoblog, Rabu (9/2/2022), berdasarkan investigasi NHSTA, model-model mobil tersebut bisa mengalami kebakaran di kompartemen mesin tanpa sebab.

"Kami meminta agar pemilik mobil yang terdaftar di atas untuk parkir di luar, jauh dari kendaraan dan bangunan lain, ini untuk sementara waktu," tulis pemberitahuan tersebut.



Hyundai mengatakan telah mengetahui adanya kebakaran terkait dengan masalah ini. Tetapi Hyundai mengaku tidak ada laporan cedera atau kematian akibat kebakaran tersebut.

Hingga saat ini, Hyundai dan KIA belum mengkonfirmasi penyebab kebakaran tersebut. Namun, kedua pabrik mobil asal Korea Selatan itu menduga, kebakaran disebabkan dari komponen listrik dalam sistem rem anti-lock yang mengalami korsleting.

Penyebab itu bahkan bisa membuat risiko kebakaran tetap tinggi, baik ketika mobil dikendarai maupun diparkir.

Semua kendaraan yang merupakan bagian dari model-model tersebut akan ditarik. Selanjutnya dealer akan memasang sekering baru untuk papan sirkuit unit kontrol elektronik hidrolik yang dirancang untuk mengurangi risiko kebakaran.



Sambil menunggu kendaraan di recall hingga 31 Maret 2022, pemilik mobil diminta untuk memarkir kendaraannya di luar.

Hyundai mengatakan, tanda-tanda peringatan mobil mengalami korsleting karena masalah ini adalah, lampu peringatan dasbor untuk sistem ABS menyala, bau terbakar, dan terlihat asap dari kompartemen mesin.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)