Lebih Aman Manakah Pesawat atau Mobil?

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:02 WIB
loading...
Lebih Aman Manakah Pesawat atau Mobil?
Pesawat dan mobil lebih aman mana? FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pesawat terbang dengan kecepatan 900 km per jam di udara. Pesawat juga menghadang cuaca ekstrim di atas sana. Makanya, tak heran jika banyak sekali orang yang takut terbang.

Akan tetapi, melansir kanal Youtube Sisi Terang, badan statistik memihak kepada penerbangan. Mereka membuktikan bahwa pesawat adalah cara paling aman untuk bepergian dibanding mengendarai mobil.

BACA JUGA - IDF: Rudal Anti-Pesawat Suriah Meledak di Langit Israel

Dan yang paling bahaya dari perjalananmu menggunakan mobil adalah saat berkendara menuju bandara. Bagaimana mungkin?

Maskapai di seluruh dunia melakukan 138 ribu penerbangan dalam sehari. Dengan 48 juta penerbangan dalam setahun, yang mengangkut 5 miliar penumpang.

Rata-rata, hanya terjadi 1 kecelakaan pesawat setiap 16 juta penerbangan dan sekitar 500 orang tidak selamat dari semua kecelakaan yang terjadi dalam satu tahun.

Jadi, kalkulasikan dan kamu akan menemukan hanya 1 dari 10 juta peluang kamu tidak sampai ke tujuan. Perbandingannya, sekitar 1.5 juta orang mengalami kecelakaan mobil dan angka itu tidak berubah banyak dalam setiap tahunnya.

Statistik kecelakaan jalan raya mengatakan, sekitar 3.300 orang kehilangan nyawa dalam kecelakaan mobil setiap harinya. Di samping itu, 20 sampai 50 juta orang mengalami luka-luka dalam kecelakaan mobil setiap tahun.

Ada juga mitos bahwa tidak ada peluang selamat dari kecelakaan pesawat, tapi kenyataannya tidak begitu. Konstruksi pesawat dibuat oleh orang-orang yang ahli dalam bidang aerodinamic dan gaya gravitasi.

Melihat data statistik lagi, telah terjadi 568 kecelakaan pesawat di Amerika Serikat antara tahun 1983-2000. Jumlah orang yang tidak selamat hanya 5 persen dari total penumpang pesawat.

Sekalipun kita tidak memperhitungkan kecelakaan kecil, dan hanya menghitung kecelakaan serius termasuk jatuh, lampu pesawat yang rusak, dan kebakaran, jumlah orang yang selamat sekitar 50 persen.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1384 seconds (10.55#12.26)