Ciri-ciri Mobil yang Harus Spooring dan Balancing

Jum'at, 11 Februari 2022 - 17:51 WIB
loading...
Ciri-ciri Mobil yang Harus Spooring dan Balancing
Ciri-ciri mobil yang harus spooring dan balancing bisa diketahui lewat beberapa indikasi. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri mobil yang membutuhkan perawatan ditandai dengan kondisi mobil yang sudah dirasa kurang nyaman ketika dikendarai. Salah satu keluhan yang sering dialami pengguna mobil ada di bagian roda atau kaki-kaki mobil.

Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berguna untuk kenyamanan dalam berkendara. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksanya secara rutin agar terhindar dari kerusakan.

Keluhan yang terjadi pada bagian roda atau kaki-kaki mobil biasanya terjadi karena mobil digunakan atau dikendarai melalui jalan yang berlubang dan bergelombang. Sehingga membuat posisi kaki-kaki mobil terganggu dan posisi roda berubah. Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan spooring dan balancing.

Spooring sendiri merupakan proses meluruskan kembali posisi keempat roda mobil pada posisi awal atau sesuai setelan pabrik.



Sedangkan Balancing adalah proses penyesuaian dalam menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan menambahkan timah pada bagian yang kurang.

Berikut ciri-ciri mobil yang harus di spooring dan balancing agar kembali nyaman seperti semula:

1. Setir Mobil Tidak Lurus
Ciri pertama mobil yang harus segera dilakukan spooring dan balancing adalah ketika setir mobil sudah tidak lurus. Hal ini biasanya terjadi pada saat mengendarai mobil namun setirnya bergoyang dan tidak lurus. Jika Anda mengalami hal ini, segera bawa mobil ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

2. Setir Bergetar
Ciri berikutnya mobil yang harus di spooring dan balancing adalah ketika setir terasa bergetar. Pengemudi biasanya akan merasakan tiba-tiba setir bergetar pada kecepatan tertentu. Getaran ini bisa terasa sampai tempat duduk penumpang belakang disertai bunyi ban yang tidak seimbang.

3. Setir Tidak Bisa Kembali ke Posisi Awal
Ciri selanjutnya mobil yang harus spooring dan balancing adalah ketika posisi setir tidak dapat kembali berputar ke posisi awal. Hal tersebut merupakan tanda atau indikasi bahwa mobil harus melakukan spooring.

4. Mobil Berjalan Miring
Ciri berikutnya mobil yang harus spooring dan balancing adalah ketika mobil berjalan miring. Dalam hal ini biasanya terdapat gejala kerusakan terhadap keseimbangan mobil. Kerusakan tersebut terjadi pada posisi roda depan yang sudutnya sudah berubah.

5. Ban Mobil Botak
Ciri selanjutnya mobil yang harus spooring dan balancing adalah ketika ban mobil sudah botak. Hal tersebut akan berpengaruh pada ban mobil yang sudah tidak bisa memberikan efek lurus pada setir.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2401 seconds (0.1#10.140)