Ini Jenis dan Tugas Marshal di MotoGP Mandalika 2022

Sabtu, 12 Februari 2022 - 13:02 WIB
loading...
Ini Jenis dan Tugas Marshal di MotoGP Mandalika 2022
Marshal juga memainkan peranan penting agar seri balapan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung sukses. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tak hanya pembalap, marshal juga memainkan peranan penting agar seri balapan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung sukses. Dengan seragam orange, marshal memiliki tugas penting baik di lintasan maupun di pitlane.

Mengenakan overall oranye, marshal memiliki peran berbeda-beda disetiap balapan. Mereka bertugas sesuai dengan tupoksi mereka, ada yang di sirkuit, garis start, tikungan tajam, maupun di pitlane.

Secara umum, tugas marshal adalah membantu pembalap jika terjadi kecelakaan di lintasan. Tak hanya membantu pembalap, mereka juga akan membersihkan lintasan usai insiden agar bisa digunakan kembali.

Berikut jenis dan tugas marshal yang berada di lintasan yang dikutip dari situs Autosport:



1. Trackside Marshals

Ini adalah marshals yang bertanggungjawab untuk membantu memastikan bahwa lintasan bebas dari rintangan yang berpotensi berbahaya. Mereka akan turun tangan ketika terjadi kerusakan motor balap, pembalap terjatuh, tabrakan di lintasan, hingga membersihkan puing-puing, kerikil atau oli dari sirkuit.



2. Flag Marshals

Tugas marshal ini adalah memberikan sinyal penting kepada pembalap di trek. Ini dapat mencakup peringatan kepada pembalap tentang potensi bahaya, seperti motor yang terjatuh, dengan mengibarkan bendera kuning.

Flag Marshal juga akan memberi tahu pembalap bahwa trek sudah bersih lagi dengan menunjukkan bendera hijau. Marshal ini biasanya mendapat tugas tambahan menjadi Finishline Marshal, yaitu mengibarkan bendera kotak-kotak di akhir lomba.

3. Pit Marshals

Kelompok marshal ini berbasis di pitlane dan mereka akan turun tangan ketika ada insiden di pit. Ini bisa menjadi tabrakan antara motor balap yang masuk dan meninggalkan pitbox mereka atau bisa juga mengatasi kebakaran saat mengisi bahan bakar.

Beberapa pit marshal juga dilengkapi dengan speed gun untuk memastikan pembalap tidak melebihi kecepatan yang diizinkan saat berjalan di pitlane.



4. Startline Marshals

Para marshal ini memainkan peran penting sebelum balapan dimulai, memastikan bahwa semua mobil berbaris dengan benar di grid.

Mereka kemudian mengibarkan bendera kuning jika ada pembalap yang berhenti atau berusaha keluar dari garis saat balapan dimulai.

5. Paddock Marshals

Marshals tidak hanya dibutuhkan langsung di sekitar sirkuit itu sendiri, mereka juga dapat melakukan peran lain di paddock.

Para marsekal Paddock melakukan berbagai tugas termasuk memastikan semua motor berada dengan benar di area perakitan, sebelum mereka menuju ke grid.



6. Administratif Marshals

Marshals ini jarang terlihat di sirkuit karena tugas merekaberada di belakang layar, seperti berkomunikasi antara kepala pos marshal dan petugas kursus, yang bertanggung jawab atas perlombaan.

Hanya karena kelompok marshal ini kurang terlihat, bukan berarti mereka tidak memiliki peran penting untuk memastikan rapat balapan berjalan dengan sukses.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2600 seconds (0.1#10.140)