Motor Injeksi Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Ini Akibatnya

Selasa, 15 Februari 2022 - 20:00 WIB
loading...
Motor Injeksi Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Ini Akibatnya
Rutin mengisi bahan bakar tanpa harus menunggu tangki bahan bakar habis merupakan upaya terbaik mencegah kerusakan mesin motor injeksi. Foto/DOK. Pertamina
A A A
JAKARTA - Sebagian besar kendaraan roda dua di Indonesia telah menggunakan teknologi injeksi. Namun, bagi Anda pemilik motor injeksi perlu diperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah jangan sampai motor injeksi itu kehabisan bensin.

Motor injeksi adalah kendaraan yang dibekali teknologi mumpuni pada bagian mesin pembakarannya. Sehingga, pembakarannya jauh lebih sempurna dibandingkan motor karburator sekaligus lebih hemat dalam hal bahan bakar. Termasuk dalam hal perawatannya.

Kendati demikian, perawatan yang tidak dibarengi dengan pengisian bensin yang baik memiliki sejumlah resiko yang berbahaya. Salah satunya kerusakan terhadap komponen pompa bahan bakar atau fuel pump.

Baca juga : Safety Car dari BMW Ini Bakal Jajal Aspal Sirkuit Mandalika

Motor Injeksi Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Ini Akibatnya


Dilansir dari berbagai sumber, pada saat bensin habis, kotoran yang mengendap di dalam tangki sepeda motor akan mudah diisap oleh pompa bahan bakar. Apalagi pompa itu merupakan komponen utama untuk menyalurkan bensin ke mesin.

Sehingga akibat dari habisnya bensin yang terus berulang tentu akan merusak bagian pompa bahan bakar tersebut. Tentunya hal ini akan membuat Anda merogoh koceklebih dalam. Perlu dipahami juga melakukan perbaikan pada motor injeksi justru tidak murah.

Baca juga : Traktor Terbesar di Dunia yang Bikin Takjub, Nomor 6 Juga Jualan di Indonesia

Motor Injeksi Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Ini Akibatnya


Rifat Sungkar, penggiat safety riding dari Rifat Drive Labs dan juga Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) bahkan menganjurkan agar pengisian tangki bahan bakar sebuah kendaraan tidak perlu menunggu habis. Sebaiknya segera isi bensi begitu posisi tangki bahan bakar sudah dalam kondisi setengah.

"Agar tidak ada residu yang diisap oleh pompa bahan bakar," jelasnya.

Jadi, bagi Anda pemilik motor injeksi perhatikan ya bensin motor injeksi kesayangan.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2718 seconds (10.101#12.26)