Cek Rutin Bagian Ini untuk Hindari Mesin Mobil Bergetar

Kamis, 17 Februari 2022 - 17:41 WIB
loading...
Cek Rutin Bagian Ini untuk Hindari Mesin Mobil Bergetar
Penyebab mesin mobil bergetar saat star awal tentunya cukup mengganggu pengendara. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyebab mesin mobil bergetar saat star awal tentunya cukup mengganggu pengendara. Hal itu pertanda bahwa ada yang bermasalah di beberapa bagian mobil .

Kondisi putaran mesin normal saat star awal itu harus dijaga rentang RPM sesuai spesifikasi pabrikan, umumnya sekitar 800-900 rpm. Seiring pemakaian waktu, kondisi putaran mesin mobil bisa saja mengalami masalah seperti lebih rendah dari kondisi normal.

Akibatnya, bisa berujung timbulnya getaran mesin mobil. Dilansir dari berbagai sumber, penyebab mesin mobil bergetar saat star awal bisa diakibatkan oleh beberapa ulasan dibawah ini :

1. Masalah Mesin
Salah satu penyebab mesin mobil bergetar saat star awal karena adanya masalah di bagian mesin. Apabila RPM (putaran per menit) pada mobil tersebut tidak sesuai standar segera lakukan tune up secara rutin, kemudian lakukan pemasangan komponen secara teliti.

2. Busi Aus
Busi mobil merupakan bagian penting dalam proses pembakaran mesin. Artinya ketika busi bermasalah atau aus, percikan api melemah. Akibatnya, pembakaran di ruang bakar pun menjadi berkurang. Inilah yang kemudian menjadi penyebab mobil bergetar pada saat distater awal.

3. Engine Mounting
Engine mounting ini berfungsi sebagai pereda getaran yang terjadi dalam kabin. Namun, jika bagian ini mengalami masalah, sudah pasti justru getaran yang muncul dalam kabin tidak bisa diredam.



4. Piston Bergoyang
Penyebab mesin mobil bergetar lainnya adalah karena Piston yang sudah aus. Gerakan yang tidak terarah dari piston inilah yang menyebabkan mobil menjadi bergetar pada saat di stater awal.

5. Kanvas Kopling Aus
Bukan saja Busi dan Piston yang mengalami aus, Kanvas koplin pun mengalaminya dan menjadi Penyebab mesin mobil bergetar. Oleh karena itu, sebelum hal ini terjadi, segera ganti kanvas kopling jika memang sudah aus.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)