100 Tahun Bugatti Type 30, Mobil Balap Sarat Inovasi dan Keindahan

Minggu, 20 Februari 2022 - 08:00 WIB
loading...
100 Tahun Bugatti Type 30, Mobil Balap Sarat Inovasi dan Keindahan
Diluncurkan pada tahun 1922, Bugatti Type 30 sarat dengan inovasi dan mempunyai model yang indah. Foto/The Drive
A A A
DILUNCURKAN pada tahun 1922, Bugatti Type 30 sarat dengan inovasi dan mempunyai model yang indah. Mobil balap ini mulai dirancang Ettore Bugatti pada tahun 1921, dengan merencanakan mesin 3,0 liter dan delapan silinder.

Namun, Bugatti memilih mesin 2.0 liter inline-delapan yang lebih kecil yang menampilkan dua blok empat silinder dan bak mesin monoblok yang terpasang pada rangka. Ini dilakukan menyusul perubahan peraturan Grand Prix yang membatasi perpindahan menjadi dua liter.

Bugatti mencoba mesin yang sama di Type 29 dan bekerja dengan baik di beberapa balapan. Ini terbukti membawa kesuksesan yang lebih besar lagi di Type 30 pada tahun 1922. Dia mengembangkan hampir 100 tenaga kuda dengan kecepatan hingga 90 mil per jam.



Dengan inline delapan silinder menjadikan Type 30 salah satu kendaraan tercepat pada masanya. Bahkan saat merayakan seratus tahun, industri otomotif mengakui model ini sebagai mobil yang inovatif dan penting dalam sejarah otomotif.

Bugatti dikenal sebagai orang Italia yang jago membangun mesin yang menarik dan indah, bukan hanya mesin yang fungsional. Pengetahuannya tentang desain mesin pesawat membawa kemajuan dalam teknologi otomotif.

Termasuk orientasi poros vertikal dan koordinasi dua katup masuk di atas kepala dan satu katup keluar yang lebih besar untuk pertukaran gas yang lebih cepat. Busi awalnya dinyalakan dengan pengapian ganda magneto dan kemudian dengan pengapian batera dan menggunakan dua karburator Zenith untuk memasok mesin delapan silinder dengan campuran udara-bahan bakar yang diperlukan.



Menggunakan poros depan tempa yang diambil dari Type 22, Bugatti Type 30 adalah kendaraan produksi Bugatti pertama dengan rem depan; mobil lain pada saat mengerem hanya menggunakan gardan belakang.

Type 30 juga menampilkan paket kulit berlapis-lapis untuk lebih menyerap pengendaraan yang menggelegar di kondisi jalan yang buruk. "Saya membuat mobil saya berjalan, bukan berhenti," kata Ettore saat itu.

Dikutip dari laman The Drive, mobil ini diciptakan sangat mirip dengan mobil balap, tetapi untuk pengemudi cerdas mereka menginginkan pengalaman yang hebat demi uang. Bugatti menjual sekitar 600 unit Type 30 sampai digantikan oleh Type 38 pada tahun 1926.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2933 seconds (0.1#10.140)