Ini Komponen Slow Moving Pada Mobil dan Cara Merawatnya, Yuk Simak!

Senin, 21 Februari 2022 - 17:15 WIB
loading...
A A A


Kerusakan pada komponen aki akan membuat mesin mobil tidak bisa menyala. Jadi, sebisa mungkin anda harus memeriksa kondisi aki mobil secara berkala dan teratur untuk menghindari kerusakan.

Umumnya, aki mobil memiliki masa pemakaian sekitar 2-4 tahun, namun tergantung juga pada intensitas pemakaian mobil.

3. Ban Mobil

Komponen slow moving yang selanjutnya adalah ban mobil. Ban merupakan sebuah komponen yang menutupi velg pada roda. Ban mobil dibuat untuk menyalurkan tenaga mobil ke permukaan jalan, menyerap guncangan pada jalan, hingga memberikan daya pengereman.

Ban mobil memiliki tugas yang berat karena sering melewati jalan yang rusak dan berlubang, aspal yang panas, hingga beton yang kasar. Hal tersebut dapat menyebabkan masa pemakaian ban mobil menjadi lebih sebentar daripada usia pakai ban pada umumnya.

4. Kaki-kaki Mobil

Komponen slow moving yang berikutnya adalah Kaki-kaki mobil. Komponen kaki-kaki mobil terdapat sistem suspensi dan sistem kemudi mobil yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan mobil saat digunakan.

Sistem kemudi yang baik ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan pada saat mengendarakan mobil. Salah satu komponen kaki-kaki mobil yang kerap bermasalah adalah bagian shock absorber. Hal tersebut terjadi karena tugas berat yang dimiliki shock absorber untuk meredam guncangan jalan yang dilalui mobil.



Setelah mengetahui komponen slow moving pada mobil, berikut cara merawatnya biar komponen ini lebih awet digunakan:

- Rutin melakukan pemeriksaan komponen slow moving setidaknya setiap satu minggu sekali.

- Periksa kondisi dinding ban mobil dan pastikan tekanan udara ban sudah sesuai dengan standar pabrikan.

- Apabila terdapat ketidaknyamanan pada saat berkendara, segera bawa ke bengkel karena kemungkinan terjadi masalah pada sistem suspensi mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)