Tanda-tanda Velg Mobil Bermasalah yang Sering Dirasakan Saat Ngebut

Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:23 WIB
loading...
Tanda-tanda Velg Mobil Bermasalah yang Sering Dirasakan Saat Ngebut
Tanda-tanda velg mobil bermasalah / FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tanda-tanda velg mobil bermasalah yang sering dirasakan namun dia anggap sepele, saat berkendara, kerap kali kita menemukan jalan yang rusak dan menghantamnya. Tanpa sadar ini akan membuat velg mobil mengalami kerusakan.

Sekuat-kuatnya velg mobil tidak ada yang bisa lepas dari yang namanya kerusakan. Terlebih jika velg yang digunakan tidak jelas pabrikannya.



Tapi tidak semua kerusakan velg mobil dapat terlihat secara fisik, dan ini yang sulit. Kita mengira kondisi velg baik-baik saja padahal nyatanya velg harus diperbaiki atau bahkan harus diganti.

Namun, velg yang bermasalah dan harus diganti sebenarnya bisa dirasakan oleh pengemudi. Jika sudah begini, jangan dibiarkan. Apa saja ciri-ciri velg mengalami masalah? Berikut paparannya.

Ban sering kempes
Kerusakan kecil pada velg tentu sulit untuk dilihat. Tapi jika ban sering kempes, maka patut dicurigai. Biasanya kerusakan pada bibir velg akan mengakibatkan ban sering kempes. Pastikan lagi kondisi velg lalu perbaiki agar masalah tidak terulang.

Ban cepat gundul
Velg mobil yang penyok bisa diketahui juga dari kondisi ban. Ban yang mudah tipis namun tidak rata bisa jadi salh satu cirinya. Segera perbaiki velg jika menemukan perkara ini, jangan dibiarkan, atau roda kerusakan roda mobil akan semakin parah.

Kemudi tidak stabil
Ciri velg mengalami masalah yang lain adalah kemudi yang terasa bergetar dan tidak stabil. Jika velg mengalami kerusakan, akan berimbas di lingkar kemudi atau setir. Selain bergetar, setir juga akan sulit untuk dikendalikan.

Itulah ciri-ciri velg mobil yang mengalami masalah namun tidak bisa dilihat secara kasat mata. Kalau sudah begini, perbaiki velg atau jika ada budget lebih, ganti velg yang baru yang sesuai pabrikan.

Tanda-tanda velg mobil bermasalah diatas masih bisa diperbaiki sebelum mengganti velg, berhati-hatilah saat berkendara dan melewati jalan yang rusak agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6004 seconds (0.1#10.140)