13 Istilah dalam Komunitas Motor Saat Touring, Bikers Wajib Tahu!

Minggu, 27 Februari 2022 - 20:05 WIB
loading...
13 Istilah dalam Komunitas Motor Saat Touring, Bikers Wajib Tahu!
Mereka yang mengaku sebagai bikers sejati, sudah sepatutnya mengetahui berbagai istilah yang digunakan untuk menunjukkan dirinya memang anak motor. Foto/dok AHM
A A A
JAKARTA - Banyak istilah yang digunakan para anggota komunitas motor dalam berkomunikasi. Mereka yang mengaku sebagai bikers sejati, sudah sepatutnya mengetahui berbagai istilah yang digunakan untuk menunjukkan dirinya memang pecinta motor.

Untuk bikers newbie atau pemula, setidaknya harus mengetahui beberapa istilah yang paling sering digunakan ketika mereka melakukan touring atau pergi bareng bersama komunitasnya. Dengan tahu istilah dalam komunitas motor, setidaknya Anda tidak dianggap sebagai pemula sekali.

Istilah-istilah biasanya umum digunakan oleh para bikers yang ingin melakukan pergi bersama atau touring dengan komunitas. Berikut beberapa istilah dikomunitas motor yang wajib diketahui:

1. Sunmori

Sunmori sangat hype saat ini. Sunmori adalah kependekan dari Sunday morning ride. Sesuai dengan namanya, Sunmori merupakan suatu kegiatan berkendara sepeda motor yang dilakukan pada hari Minggu pagi.



Sunmori memiliki peserta yang tidak terbatas, mulai dari skala kecil hingga diikuti oleh banyak orang. Biasanya diadakan sebagai agenda rutin tiap pekan untuk para ngabers saling berkumpul.

2. Kopdar

Kopdar atau kopi darat adalah salah satu agenda rutinan dari sebuat komunitas motor. Kopdar biasanya dilaksanakan satu minggu sekali saat akhir pekan sebagai sarana berkumpul anggota.

Kegiatan saat kopdar bervariasi. Bisa untuk membahas rencana agenda kedepannya dan diskusi sesama anggota atau bisa juga sebagai sarana untuk memperkenalkan anggota baru.

3. Kopgab

Kopgab adalah singkatan dari kopi gabungan. Skala kopgab lebih besar dari kopdar. Kopgab menggabungkan satu komunitas motor dengan komunitas motor lainnya.

Penyelenggaraan kopgab ini untuk mempererat hubungan antara komunitas motor yang sudah saling kenal satu sama lain serta telah menjalin hubungan yang baik sebelumnya.

4. Jamnas

Jambore nasional atau jamnas merupakan kegiatan yang diikuti oleh komunitas motor yang skalanya lebih besar dari Kopgab. Jamnas diikuti oleh komunitas dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada acara ini setiap komunitas akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti agenda jamnas. Lalu, setiap peserta akan saling menjalin silaturahmi satu sama lain.



5. Tourjib

Tourjib sendiri merupakan kependekan dari touring wajib. Tourjib biasanya sudah dijadwalkan secara rutin oleh suatu komunitas motor. Sesuai dengan namanya, tourjib mengharuskan setiap anggota komunitas untuk berpartisipasi.

6. Tourgab

Untuk tourgab merupakan kependekan dari touring gabungan. Kegiatan tourgab diikuti oleh pesera yang lebih besar. Tourgab mengakomodir beberapa komunitas dalam satu acara touring. Jarak tempuh tourgab biasanya lumayan jauh.

7. Rolling

Rolling sebenarnya hampir sama dengan sunmori, yakni kegiatan berkendara dengan anggota satu komunitas motor. Untuk kegiatannya sama, berkumpul bersama. Hanya saja rolling jarak tempuhnya lebih dekat dibanding sunmori.

8. Anniversary

Anniversary merupakan agenda tahunan yang diadakan untuk memperingati ulang tahun dari suatu komunitas motor . Kegiatan saat anniversary ini beragam, tentunya kumpul bersama dengan turut mengundang perwakilan komunitas lainnya.



9. Sowan

Sowan juga menjadi salah satu istilah yang sering diucapkan komunitas motor. Sowan adalah kegiatan mengunjungi komunitas lainnya. Kegiatan sowan ini diadakan untuk membangun silaturahmi yang baik antar komunitas.

10. Road Captain

Road captain atau biasa disebut juga dengan RC adalah jabatan yang dipegang oleh seseorang dalam kegiatan touring. Tugas dari road captain adalah untuk memastikan keselamatan peserta dan kelancaran kegiatan touring tersebut.

Tidak hanya itu, road captain juga ditugaskan untuk mengurus masalah administrasi saat persiapan touring. Tak ketinggalan juga mengurus surat izin dari kepolisian untuk menyelenggarakan touring.

11. Safety Officer

Safety officer atau SO juga merupakan bagian penting ketika sedang ada agenda sunmori atau touring. Kewajiban seorang safety officer adalah untuk memastikan bahwa jalur touring yang akan dilewati oleh seluruh peserta aman.

Posisi safety officer umumnya berada di barisan depan setelah RC serta berkomunikasi dengan voorijder. Oleh sebab itu, seorang safety officer harus memahami mengenai bagaimana situasi jalanan yang akan dilewati.

12. Sweeper

Sweeper dalam sunmori artinya orang yang bertugas untuk mengatur barisan peserta touring dan memastikannya tetap lurus. Pada sebuah tim touring terdiri dari dua orang sweeper, yaitu yang bertugas di tengah dan belakang.

Posisi sweeper biasanya di tempatkan di sisi kanan agar lebih mudah jika mengatur barisan peserta. Selain itu, sweeper juga harus bisa berkoordinasi dengan SO untuk memperjelas perintah dan mengingatkan peserta.



13. Voorijder

Bagian berikutnya dari sebuah touring motor adalah voorijder. Voorijder berperan untuk mengatur kecepatan berkendara peserta. Voorijder menjalankan tugasnya dengan memperhatikan pertimbangan dari RC, sweeper, dan SO.

Biasanya voorijder akan memberikan perintah kepada peserta touring untuk mengatur kecepatannya dengan menggunakan isyarat kaki. Lalu, perintah tersebut akan disampaikan secara berantai mulai dari peserta urutan terdepan hingga paling belakang.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4170 seconds (0.1#10.140)