Arti Lampu Indikator Pada Mobil, Bukan Sekadar Hiasan Belaka

Kamis, 03 Maret 2022 - 14:23 WIB
loading...
Arti Lampu Indikator Pada Mobil, Bukan Sekadar Hiasan Belaka
Arti lampu indikator pada mobil perlu dipahami agar dapat mengetahui kondisi mobil lebih utuh. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Arti lampu indikator pada mobil ternyata sangat penting. Indikator lampu mobil ternyata bukan hiasan belaka. Dari indikator lampu itu pemilik mobil justru bisa mengetahui kondisi mobil secara komprehensif.

Kehadiran indikator lampu mobil pertama kali ditemukan di mobil buatan Hudson Motor Company pada tahun 1930-an. Saat itu mereka membuat indikator lampu bernama Idiot Light atau Lampu Idiot.

Fitur itu berupa peringatan apabila mesin mobil mengalami gejala kerusakan. Hanya saja lampu indikator tidak bekerja maksimal karena sistem komputerisasi belum dikenalkan di mobil-mobil itu. Alhasil lampu indikator buatan Hudson Motor Company ditinggalkan.

Baru di 1980-an, saat kompterisasi dan perangkat elektronik dihadirkan ke mobil, indikator lampu mobil semakin canggih. Peringatan yang diberikan juga tidak sekadar menginformasikan kondisi mesin mobil tapi berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan keadaan kendaraan.

Baca juga : Beda Nasib Merek Asli India dengan Mobil Produksi Negeri Kari di Indonesia

Dari situlah kemudian lampu-lampu indikator hadir dengan berbagai desain dan informasi. Nah, berikut ini beberapa lampu indikator dan bentuknya agar bisa mengerti apa arti dari lampu indikator mobil itu ketika menyala. Yuk cermati:

1. Temperatur Mesin
Arti Lampu Indikator Pada Mobil, Bukan Sekadar Hiasan Belaka


Berfungsi untuk memberikan peringatan suhu panas pada mesin kendaraan ketika mengalami overheat. Jika mendapati kondisi ini, Anda perlu mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun audio. Selanjutnya, pinggirkan kendaraan hingga idle beberapa saat dan matikan mesin agar suhu yang terlalu panas dapat turun.

2. Check Engine
Arti Lampu Indikator Pada Mobil, Bukan Sekadar Hiasan Belaka


Indikator check engine berupa gambar seperti mesin. Jika menyala, maka ada indikasi masalah yang terjadi pada bagian mesin atau kontrolnya. Namun, indikator ini tidak selalu menunjukkan kerusakan serius. Bisa jadi check engine menyala karena adanya soket yang kendur, juga dapat menunjukkan adanya komponen/sensor pada mesin yang membutuhkan penggantian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2442 seconds (10.177#12.26)