Beda Nasib Merek Asli India dengan Mobil Produksi Negeri Kari di Indonesia

Kamis, 03 Maret 2022 - 10:00 WIB
loading...
Beda Nasib Merek Asli India dengan Mobil Produksi Negeri Kari di Indonesia
Indonesia memiliki banyak mobil-mobil produksi India yang sangat diterima oleh masyarakat. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil-mobil penumpang merek asli India ternyata tidak seberuntung mobil-mobil yang justru diproduksi di negeri kari dan dijual di Indonesia. Saat ini mobil-mobil yang diproduksi di India ternyata sudah banyak wara-wiri di dalam negeri.

Mereka tidak ketahuan berpaspor India karena memang menggunakan merek lain. Ambil contoh mobil Suzuki, Renault, KIA hingga Hyundai. Bahkan mobil mahal sekali pun seperti Volkswagen dan Jeep ada juga yang buatan India.

Saat bertemu di jalan, Anda pun tak akan menyangka kalau ternyata mobil-mobil itu adalah buatan anak-anak negeri kari. Kualitas yang baik dan regulasi antara Indonesia dan India membuat banyak pabrikan mencoba membawa mobil itu secara utuh.

Saat ini India, berdasarkan data GAIKINDO merupakan salah satu negara pengimpor mobil ke Indonesia selain Thailand, Jepang, Jerman, China, Korea Selatan dan Malaysia. Dari total impor tahun lalu sebanyak 47.799 unit, sebanyak 8.652 unit didatangkan dari India.

Merek yang paling banyak mengimpor mobil-mobil buatan India adalah Suzuki sebanyak 8.171 unit. Sisanya adalah KIA melalui PT Kreta Indo Artha sebanyak 411 unit, lalu Volkswagen (PT Garuda Mataram Motor) di angka 69 unit dan Hyundai dengan satu unit Hyundai i10.



Beda Nasib Merek Asli India dengan Mobil Produksi Negeri Kari di Indonesia


Angka 8.171 unit sebenarnya sangat lumayan. Itu pun belum ditambah penjualan Jeep Compass dan mobil-mobil Renault. Keduanya tidak terdata karena memang ada yang sudah keluar dari Gaikindo dan ada yang belum.

Yang pasti penerimaan mobil-mobil buatan India sangat baik. Ini kontras dengan mobil-mobil merek asli India.

Mobil penumpang asli buatan India justru sulit diterima masyarakat Indonesia. Tentunya bicara mobil asli buatan India yang paling diingat adalah mobil-mobil buatan Tata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)