Mobil Cepat Overheat, Ternyata Ini Biang Keladinya!

Minggu, 06 Maret 2022 - 11:18 WIB
loading...
Mobil Cepat Overheat, Ternyata Ini Biang Keladinya!
Mobil cepat overheat bisa merusak berbagai komponen di mesin yang perbaikannya bisa merogoh kocek. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Mobil cepat overheat bisa disebabkan oleh banyak hal. Yang jelas, jika mesin cepat panas dan dibiarkan maka dampaknya berbahaya. Akan bisa merusak komponen mesin.

Mesin overheat sendiri disebabkan oleh sejumlah hal. Nah, berikut penyebab mesin mudah overheat menurut Auto2000:

1. Masalah radiator
Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Saat radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga turut bermasalah. Radiator yang bermasalah tentu akan menyebabkan mesin mobil cepat panas.

Permasalahan yang dialami radiator yang membuat mesin cepat panas tidak jauh-jauh dari selang radiator bocor, penggunaan cairan radiator tidak tepat, serta sirkulasi air radiator yang tidak lancar.

Untuk itu, ganti selang radiator bocor dengan yang baru, selalu gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya setiap mobil mencapai 20.000 kilometer.



2. Oli tidak sesuai standar
Oli dengan kualitas buruk cenderung tidak tahan panas. Sehingga cepat menguap. Ini menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan kuat dan menyebabkan kondisi mesin mobil kepanasan.

Bila dibiarkan, mobil akan mengalami kerusakan parah. Oleh karena itu, gunakan oli sesuai rekomendasi pabrikan mobil. Jangan gunakan oli murahan.

3. Thermostat tidak berfungsi
Thermostat merupakan otaknya radiator. Thermostat bertugas mengatur agar air tidak meninggalkan radiator saat suhu rendah dan memerintahkan agar air masuk ke dalam mesin saat suhu tinggi.

Jika thermostat mengalami masalah, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin. Dampaknya, mesin mobil akan cepat panas.

4. Kipas bermasalah
Fungsi kipas pendingin adalah untuk menyedot udara dingin dari luar. Jika kipas ini rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil, sehingga mesin akan lebih mudah panas.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas pendingin tidak berfungsi normal. Yang utama adalah dinamo yang menggerakan kipas tersebut. Alasan lainnya yakni pemasangan kipas terbalik, sehingga membuatnya menyedot udara panas.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2683 seconds (0.1#10.140)