Fungsi Gas Spontan Bukan untuk Menambah Tenaga Motor

Rabu, 09 Maret 2022 - 15:41 WIB
loading...
Fungsi Gas Spontan Bukan untuk Menambah Tenaga Motor
fungsi gas spontan di motor. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Fungsi gas spontan Bagi para pecinta roda dua tentu harus memahami fungsinya sebelum mencoba menggunakannya. Jangan sampai, penggunaan gas spontan menjadi tidak bermanfaat setelah memasangnya.

Gas spontan motor merupakan komponen racing yang umumnya diaplikasikan untuk motor-motor balap. Kendati demikian, tidak sedikit para bikers yang menggunakan gas spontan untuk motor harian dengan alasan membuat motor lebih cepat berat.



Berikutfungsi gas spontan dikutip dari berbagai sumber :

Fungsi Gas spontan bertugas untuk mempersingkat dalam membuka skep atau katup throttle. Motor dengan grip gas biasa umumnya membuka penuh skep butuh tarikan grip gas sekitar 60 derajat. Namun apabila mengunakan gas spontan, pengendara hanya perlu menarik sekitar 50 derajat untuk membuka skep secara penuh.

Meski terbukti berfungsi mempersingkat putaran grip gas, fungsi gas spontan akan lebih maksimal apabila dibarengi dengan menyetuh perubahan pada bagian mesin. Artinya, apabila hanya menggunakan gas spontan tanpa merubah standar mesin, Maka gas spontan tidak akan memberikan peningkatan pada performa kendaraan.

Apalagi jika kendaraan yang menggunakan gas spontan tanpa dibarengi perubahan mesin digunakan dalam kebutuhan harian. Akibatnya fungsi gas spontan hanya membuat pergelangan tangan tidak pegal. Khsusnya ketika macet.

Fungsi gas spontan di atas adalah penjelasan yang tepat untuk para pecinta roda dua. Selamat mencoba.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)