Cara Membersihkan Kerak Piston Tanpa Bongkar Mesin

Jum'at, 11 Maret 2022 - 19:25 WIB
loading...
Cara Membersihkan Kerak Piston Tanpa Bongkar Mesin
Cara membersihkan kerak piston bisa dilakukan tanpa harus membongkar mesin. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara membersihkan kerak piston bisa dilakukan tanpa harus membongkar mesin. Ini harus rutin Anda lakukan agar performa mesin kendaraan tetap terjaga.

Piston pada mesin motor memegang peranan yang sangat vital dalam mekanisme mesin. Komponen ini akan bergerak naik turun di dalam silinder untuk melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran serta pembuangan.

Keutamaan fungsi piston adalah meneruskan gaya sentrifugal yang dihasilkan dari proses pembakaran untuk memutar poros engkol. Selanjutnya motor jadi bisa melaju karena engkol menggerakan transmisi yang terhubung dengan rantai ke roda.

Pasalnya karenaproses pembakaran terus-menerus, seiring berjalannya waktu residu yang menumpuk bisa meninggalkan sisa kerak membandel yang tidak boleh dibiarkan terlalu lama.



Jika dibiarkan dampaknya akan memengaruhi kinerja piston karena tumpukan kerak yang menempel. Jika sudah begitu, piston wajib dibersihkan.

Cara membersihkan kerak piston tidak boleh sembarangan, sehingga bisa betul-betul bersih dan aman. Piston kendaraan yang bersih akan memberi kenyamanan bagi para pengendara.

Ternyata cara membersihkan kerak piston tidak sulit, bahkan tidak perlu membongkar mesin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara membersihkan kerak piston:

1. Semprotkan Cairan Engine Conditioner

Terdapat beberapa jenis engine conditioner yang dijual di pasaran. Engine conditioner yang paling sering dipakai yang berbentuk foam (busa) atau pasta.

Cara membersihkan kerak piston adalah dengan cara menyemprot cairan pembersih bertekanan yang dinamakan Engine Conditioner melalui lubang busi. Penyemprotan tergantung banyaknya kotoran pada piston Anda.

2. Diamkan 5 Menit

Setelah engine conditioner disemprotkan pada bagian dalam silinder mesin dan mengenai piston, kemudian yang anda lakukan setelahnya adalah menunggu selama 5 menit.



Cairan pembersih membutuhkan waktu untuk merontokkan kerak yang ada pada piston. Dalam proses cara membersihkan piston ini kandungan pada cairan Engine Conditioner bereaksi membasmi kotoran pada piston.

Nantinya, hasil dari pembersihan menggunakan Engine Conditioner ini adalah kerak hasil reaksi akan berupa cairan. Sehingga sangat aman untuk dinding silinder.

3. Pasang Kembali Busi

Langkah selanjutnya adalah pasang kembali busi. Pastikan busi terpasang dengan benar. Lihat lagi sambungkan kepala busi ke busi, agar aliran listrik dapat terhubung untuk menjalankan mesin.

4. Injak Kick Starter

Setelah 5 menit, nyalakan motor dengan menggunakan kick starter atau engkol, kemudian buka gas sampai kompresi tinggi sehingga membuat cairan dan kotoran menyembur keluar mesin.



Jangan kaget apabila nantinya mesin akan terasa brebet dan keluar asap putih, hal itu karena hasil pembakaran dan sisa-sisa cairan pembersih yang masih berada pada ruang mesin.

Asap putih tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika proses pembakaran menjadi normal lagi. Jadi langkah selanjutnya bisa anda mainkan bukaan gas untuk membantu prose pembersihan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3420 seconds (0.1#10.140)